SUN ENERGY
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap

Pembangkit Listrik Tenaga Surya – Listrik menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, peralatan elektronik tidak dapat digunakan atau berfungsi sebagaimana mestinya. Listrik juga menjadi sumber penerangan bagi kehidupan manusia dan merupakan kebutuhan dasar untuk segala aktivitas. Kebutuhan akan listrik konvensional atau PLN yang semakin meningkat dapat mengakibatkan krisis listrik terjadi kapan saja.
Untuk mencegah terjadinya krisis tersebut, saat ini banyak yang mulai beralih menggunakan sumber energi alternatif. Salah satu sumber energi alternatif yang paling banyak digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau yang lebih dikenal sebagai PLTS. Pembangkit listrik ini dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin lebih hemat energi dan hemat biaya.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utama dari PLTS adalah panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus listrik searah (DC) sehingga dibutuhkan komponen lainnya seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) ini menjadi arus listrik bolak-balik (AC).

Prinsip Kerja PLTS

Di Indonesia, pengguna listrik konvensional sudah banyak yang mulai beralih dan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan jumlahnya pun semakin bertambah dari waktu ke waktu. Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan dua metode. Yang pertama fotovoltaik dan yang kedua adalah dengan memusatkan energi surya.   

1. Prinsip Kerja PLTS Dengan Fotovoltaik

Prinsip kerja ini mengubah energi cahaya menjadi listrik secara langsung dengan menggunakan efek bernama fotolistrik.

2. Prinsip Kerja PLTS Dengan Pemusatan Energi Surya

Prinsip kerja ini menggunakan lensa maupun cermin yang sudah dikombinasikan dengan sistem pelacak. Tujuannya agar dapat terfokus ke energi matahari di satu titik sehingga menggerakkan mesin panas atau kalornya. Perbedaan antara fotovoltaik dengan pemusatan energi surya terletak pada cara kerja keduanya.

Potensi dan Perkembangan PLTS di Indonesia

PLTS di Indonesia kedepannya dipercaya memiliki potensi yang besar. Semakin banyak masyarakat yang ingin menggabungkan energi listrik konvensional seperti PLN dengan energi alternatif tenaga surya ini. Selain diminati di skala perumahan, kedepannya PLTS ini akan banyak diminati oleh skala industri atau pabrik. Diprediksi di masa depan biaya listrik akan terus meningkat sehingga tagihan biayanya terus membengkak. Untuk penghematan biaya dan energi, PLTS akan banyak diaplikasikan untuk kebutuhan industri atau pun pabrik.

Penggunaan energi alternatif untuk gedung komersial, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, dan lainnya, juga telah terbukti lebih hemat, efektif dan efisien. Pemerintah telah mulai menggunakan energi terbarukan dengan pembangkit listrik tenaga surya untuk mendukung program infrastruktur atau pembangunan. Salah satu contohnya adalah untuk elektrifikasi pedesaan. 

Masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik secara merata. Meskipun angka rasio elektrifikasi perdesaan mencapai 99,48% atau meningkat signifikan 84% dari tahun 2019, per Agustus 2020 masih terdapat 433 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Secara terperinci, 433 desa tersebut terbagi di daerah Papua sebanyak 325 desa, Papua Barat sebanyak 102 desa, Nusa Tenggara Timur sebanyak 5 desa, dan Maluku 1 desa. Dengan menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, diharapkan akses listrik akan dapat segera dinikmati secara merata oleh semua masyarakat Indonesia. 

Untuk mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan, pemerintah telah mulai menggunakan energi alternatif sinar matahari untuk kebutuhan fasilitas publik. Contohnya, menggunakan energi surya untuk penerangan outdoor sehingga anggaran bisa lebih dihemat. Indonesia merupakan negara tropis, sehingga di masa depan energi alternatif sinar matahari ini akan dimanfaatkan secara maksimal dalam berbagai sektor.

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

  1. PLTS Mampu Menghasilkan Energi Listrik
    PLTS memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu kehidupan manusia yang dapat menyediakan energi listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. PLTS mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.

  2. PLTS Sangat Ramah Lingkungan
    PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga. Dengan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari polusi udara. Sumber energinya berupa cahaya matahari sehingga tidak pernah habis. Berbeda dengan listrik PLN konvensional yang membutuhkan bahan bakar sehingga menyebabkan polusi udara.

  3. PLTS Dapat Mengurangi Biaya Penggunaan Listrik Harian

    Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian. Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik PLN ini bisa Anda hemat.

  4. Penggunaan Listrik Dapat di Monitoring

    Jika menggunakan PLN, Anda tidak mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka dengan menggunakan PLTS kini semua produksi listrik dan daya yang dikeluarkan dapat Anda monitor setiap harinya melalui aplikasi canggih yang dirancang oleh tim SUN Energy.

    Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau produksi listrik yang dihasilkan PLTS Anda. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat penurunan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Mengenal PLTS Atap

Sunterra-residential

Selain panel surya dipasang di dataran, terdapat juga PLTS atap dimana panel surya tersebut dipasang di atas atap. Untuk industri, perumahan dan gedung komersial, PLTS ini lebih direkomendasikan dibandingkan dengan PLTS lainnya. Atap menjadi lokasi yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari. Sinar matahari tersebut kemudian ditangkap oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan atau rumah Anda. 

Jenis-Jenis PLTS Atap

Untuk jenis panel surya yang Anda gunakan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihannya pun sangat beragam. Misalnya saja, jenis panel yang disediakan oleh SUN Energy ini ada 1 kWp, 2 kWp, 4 kWp dan juga 6 kWp. Selain itu, SUN Energy juga melayani pemasangan sistem tenaga surya untuk skala yang lebih besar, sehingga jenis panel produk yang ditawarkan sangat beragam.

Menggunakan PLTS juga jauh lebih ramah lingkungan, sehingga efek pemanasan global bisa berkurang. 1 kWp energi surya dapat mengurangi emisi CO2 sebanyak 9 ton per tahunnya. Untuk industri, pabrik dan juga gedung komersial, PLTS yang diaplikasikan semakin besar sehingga emisi gas karbondioksida juga berkurang semakin banyak. 

Misalnya saja, dengan penggunaan daya 200 kWp, emisi CO2 yang dikurangi ini sebesar 1,8 ribu ton. Belum lagi jumlah bahan bakar seperti batubara yang terbakar untuk pemakaian sumber listrik konvensional ini bisa berkurang. PLTS tidak membutuhkan bahan bakar seperti listrik PLN sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Di masa depan, industri dan pabrik harus lebih ramah lingkungan sehingga kualitas lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Tips Memasang PLTS Atap

Untuk fungsi dan hasil yang maksimal, Anda harus memasang pembangkit listrik tenaga surya dengan baik dan benar. Anda juga harus memperhatikan lokasi pemasangan PLTS tersebut. Panel surya yang dipasang di atap paling efektif dalam menyerap sinar matahari.

Anda harus memilih komponen yang berkualitas dan memiliki kinerja yang bagus sehingga tidak mudah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perizinan proyek juga harus dikantongi terutama jika skalanya pemasangan panel surya untuk kebutuhan besar agar tidak dianggap ilegal. Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan jasa dari perusahaan pengembang sistem tenaga surya terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai macam layanan mulai dari perizinan sampai dengan pemasangan.

SUN Energy : Solusi PLTS Atap Terbaik Anda

SUN Energy adalah perusahaan pengembang sistem tenaga surya terbesar dan terbaik di Indonesia. SUN Energy telah memiliki banyak pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Berdiri sejak tahun 2016, SUN Energy telah menangani berbagai macam proyek dari yang kecil hingga besar dengan skala nasional maupun internasional. Sehingga kredibilitas SUN Energy tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan PLTS SUN Energy

Kelebihan panel surya dari SUN Energy adalah kualitas yang terbaik dengan mutu pelayanan oleh tenaga ahli. SUN Energy selalu mempertahankan standar keamanan dan kelestarian lingkungan. SUN Energy juga menyediakan solusi penghematan listrik yang variatif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari penghematan listrik di rumah, gedung perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan sampai dengan pabrik dan industri besar.

4 Alasan Mengapa Harus Menggunakan SUN Energy

1. Biaya Investasi Terjangkau

Jika Anda berpikir bahwa menggunakan PLTS membutuhkan biaya yang sangat mahal, maka pendapat tersebut langsung dipatahkan oleh SUN Energy. 

SUN Energy menawarkan investasi dengan DP 0% untuk pemasangan PLTS Atap Anda. Dengan menggunakan PLTS dari SUN Energy, Anda hanya membayarkan sesuai daya listrik yang Anda gunakan.  

2. Memiliki 3 Model Pembiayaan Atraktif

  • Sewa Berdasarkan Kinerja Produk (15-25 tahun) 
    Pembelian sistem panel surya tanpa DP (alias DP 0%) dan Anda dapat langsung merasakan penghematan sejak hari pertama.
  • Sewa Panel Surya (3-6 tahun) 
    Dapatkan panel surya dengan uang muka yang sangat terjangkau dan hemat lebih banyak. Dengan DP 0-30%, Anda bisa memiliki PLTS untuk kebutuhan Anda.
  • Pembayaran Penuh
    PLTS dapat langsung digunakan tanpa uang muka dan menghemat biaya listrik setiap bulannya.

3. Garansi Pemakaian 25 Tahun

SUN Energy memberikan garansi pemakaian hingga 25 tahun. SUN Energy sangat mengutamakan kualitas produk dan kepuasan dari pelanggan. Anda akan mendapatkan sistem tenaga surya dengan PLTS Atap terbaik dari SUN Energy.

4. Satu-satunya Developer Lokal dengan Proyek Internasional

SUN Energy berpengalaman mengerjakan PLTS untuk lokasi perumahan, mall, kawasan industri, baik di Indonesia maupun internasional. SUN Energy merupakan satu-satunya pengembang proyek sistem solar panel di Indonesia yang terbaik dan juga terbesar di Indonesia, yang telah memiliki proyek skala internasional lebih dari 17 MWp di Thailand dan 3 MW di Taiwan.

PLTS Bisa Dicicil Sehingga Lebih Murah

Memiliki PLTS di rumah maupun di lokasi bisnis Anda bisa menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan. Anda dapat menghemat biaya tagihan listrik dalam jumlah besar sehingga alokasi biaya penghematan listrik dapat digunakan untuk hal atau kebutuhan lainnya.

Kini, Anda bisa mendapatkan investasi PLTS SUN Energy dengan sangat mudah dengan DP 0% dan sistem cicilan yang lebih ringan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam satu waktu sekaligus.

Dengan menggunakan solusi PLTS dari SUN Energy, Anda juga bisa menjadi bagian generasi yang sadar akan kebutuhan energi baru dan terbarukan. Anda juga sekaligus berpartisipasi dalam menyelamatkan ekosistem di bumi karena telah mulai beralih menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan.

PENUTUP

Saatnya Beralih ke Energi Alternatif dan Rasakan Manfaatnya

Dengan beralih ke energi alternatif sinar matahari, Anda tidak hanya menghemat biaya tagihan listrik bulanan namun sekaligus menciptakan lingkungan dengan energi yang lebih bersih. Energi baru dan terbarukan ini juga menjadi solusi terbaik untuk menghadapi ancaman krisis listrik yang bisa terjadi di masa depan sekaligus mengurangi efek pemanasan global yang semakin terasa saat ini.

Anda bisa mulai menggunakan PLTS terbaik sekarang juga dan memantau langsung produksi listrik Anda secara fleksibel. Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy, yang merupakan perusahaan pengembang sistem tenaga surya terbaik di Indonesia. SUN Energy merupakan solusi penghematan listrik dengan energi alternatif sinar matahari terbaik Anda, hubungi kontak kami untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

Saatnya Gunakan Solar Panel Indonesia dan Rasakan Hemat Biaya Listrik Hingga 30%

Saatnya Gunakan Solar Panel Indonesia dan Rasakan Hemat Biaya Listrik Hingga 30%

Tidak usah lagi pusing dengan tagihan listrik yang membengkak. Karena sistem tenaga surya dapat menjadi solusi penghematan Anda. Segera Gunakan panel surya dari SUN Energy sekarang juga dan rasakan langsung penghematannya sejak hari pertama, Untuk mendapatkan penawaran terbaik, segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim SUN Energy sekarang juga! Klik tombol di bawah ini untuk hubungi SUN Energy.

Hubungi Kami Via WhatsApp

Saatnya Hemat Biaya Listrik Anda Hingga 30% Dengan Solar Panel Indonesia

Hubungi SUN Energy Dengan Mengisi Form Berikut Ini : 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.