17 January 2024

Informasi dan Panduan Lengkap Memilih PLTS Atap Terbaik

Informasi dan Panduan Lengkap Memilih PLTS Atap Terbaik

Apa Itu PLTS?

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) telah menjadi solusi inovatif dalam upaya memanfaatkan sumber energi terbarukan. Menggunakan sinar matahari sebagai sumber utama, PLTS memungkinkan konversi energi matahari menjadi listrik, menyediakan alternatif ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Peran PLTS Atap sebagai Sumber Energi Terbarukan

PLTS Atap telah muncul sebagai pilihan penting dalam pemanfaatan energi surya. Dengan memanfaatkan atap bangunan sebagai lokasi pemasangan, PLTS Atap memberikan peluang unik untuk menghasilkan energi tanpa memerlukan lahan tambahan. 

Dalam perannya sebagai sumber energi terbarukan, PLTS Atap tidak hanya membantu mengurangi jejak karbon, tetapi juga menyediakan sumber daya energi yang dapat diperbaharui dan dapat diandalkan.

Ragam Keunggulan PLTS Atap Dibanding PLTS Non-Atap

  1. Efisiensi Ruang : Mengurangi Penggunaan Lahan dan Ruang melalui PLTS Atap

    Penerapan PLTS di atap bangunan tidak hanya menyediakan sumber energi terbarukan tetapi juga mengurangi kebutuhan lahan, menciptakan efisiensi ruang yang sangat dihargai dalam konteks urbanisasi yang terus berkembang.

  2. Estetika Bangunan: Meningkatkan Visual dengan Integrasi PLTS Atap

    PLTS Atap tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, tetapi juga dapat menjadi elemen estetika yang mempercantik bangunan. Integrasi desain yang baik menciptakan tampilan modern dan berkelanjutan, meningkatkan daya tarik visual secara keseluruhan.

  3. Efisiensi Energi : Maksimalkan Kinerja dengan PLTS Atap

    Keunggulan PLTS Atap tidak hanya terbatas pada aspek estetika; dengan memanfaatkan energi matahari secara langsung, PLTS Atap dapat meningkatkan efisiensi energi dan memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan sumber daya.

  4. Dukungan Terhadap Keberlanjutan: PLTS Atap sebagai Pilihan Ramah Lingkungan

    Penerapan PLTS Atap bukan hanya solusi energi, tetapi juga langkah konkret dalam mendukung keberlanjutan. Penggunaan sumber energi terbarukan membantu mengurangi jejak karbon dan mendukung upaya pelestarian lingkungan.

  5. Aspek Ekonomi: Menawarkan Keuntungan Finansial melalui PLTS Atap

    PLTS Atap tidak hanya memberikan manfaat lingkungan, tetapi juga dapat menjadi investasi yang cerdas. Melalui pengurangan biaya energi, PLTS Atap dapat berkontribusi secara positif terhadap aspek ekonomi dalam jangka panjang.

Beberapa Kriteria PLTS Atap Terbaik

  1. Kapasitas dan Efisiensi Modul Surya Kriteria utama dalam menentukan keunggulan PLTS Atap adalah kapasitas dan efisiensi modul surya. Pemilihan modul surya dengan daya tinggi menjadi langkah krusial untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik.  Selain itu, evaluasi efisiensi konversi energi dari matahari menjadi listrik menjadi faktor penting dalam menentukan seberapa efektif PLTS Atap tersebut dalam memanfaatkan sumber energi surya.
  2. Kualitas Inverter Inverter memegang peran kunci dalam mengkonversi energi surya menjadi listrik yang dapat digunakan. Memilih inverter yang andal dan efisien menjadi kriteria penting, karena inverter mampu mengoptimalkan kinerja PLTS Atap secara keseluruhan.  Keandalan inverter tidak hanya memastikan kelancaran operasional, tetapi juga menentukan seberapa baik energi surya dapat diintegrasikan ke dalam sistem listrik.
  3. Komponen Utama PLTS Atap PLTS Atap terbaik harus memiliki komponen utama yang terintegrasi secara baik. Komponen utama ini melibatkan modul surya, inverter, rangkaian kabel, dan sistem penyangga.  Penjelasan mendetail tentang fungsi dan interaksi komponen-komponen ini memberikan gambaran lengkap tentang keandalan dan kualitas sistem PLTS Atap.
  4. Cara Kerja PLTS Atap Pemahaman mendalam tentang cara kerja PLTS Atap menjadi kriteria penting dalam pemilihan sistem. Proses konversi energi dari sinar matahari menjadi listrik melibatkan beberapa tahap, termasuk penyerapan radiasi matahari oleh modul surya, konversi menjadi arus listrik oleh inverter, dan distribusi ke sistem listrik.  Memahami langkah-langkah ini membantu pemilik PLTS Atap memaksimalkan efisiensi dan kinerja sistem secara keseluruhan.

 

 

Studi Kasus

  • Upaya Terkemuka dalam Pemanfaatan PLTS Atap di Indonesia

Indonesia dianugerahi potensi energi surya yang luar biasa, dengan kapasitas nasional yang mencapai 3.200 GW, meskipun hanya sekitar 200 MW yang telah dimanfaatkan untuk proyek PLTS baru. 

Laporan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengindikasikan pertumbuhan yang signifikan dalam pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Indonesia, mencapai peningkatan sekitar 26%. 

Data ini mencakup periode dari Juli 2022 hingga Juli 2023, dengan jumlah pelanggan yang mengalami peningkatan dari 5.926 menjadi 7.472. Dari jumlah pelanggan tersebut, sebanyak 2.692 rumah tangga yang menggunakan PLTS Atap berlokasi di Jawa Barat dan Banten.

Sebagai contoh penerapan yang berhasil, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk mampu mengoperasikan PLTS Atap dengan kapasitas mencapai 9,8 MWp di Mojokerto, menunjukkan komitmen perusahaan menuju Net Zero Emission (NZE).

SUN Energy juga menyediakan simulator untuk mengetahui potensi penghematan energi pada link berikut: https://sunenergy.id/simulasi-kalkulator

  • Keberhasilan Implementasi PLTS Atap dan Dampak Positifnya

Keberhasilan implementasi PLTS atap, terutama dalam beberapa industri manufaktur, mencapai pencapaian signifikan dengan mengurangi emisi sebesar 3% per tahun. 

Dampak positifnya tidak hanya dirasakan oleh industri tersebut, tetapi juga oleh lingkungan sekitar. Pemanfaatan tenaga surya membawa manfaat berupa penghematan biaya yang mencolok sekaligus memberikan kontribusi positif yang konsisten terhadap pelestarian lingkungan dan pencapaian tujuan keberlanjutan. 

Kesuksesan proyek ini menjadi inspirasi bagi sektor industri lainnya untuk mengadopsi PLTS atap sebagai solusi berkelanjutan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

 

 

Tantangan dan Solusi

  • Tantangan Umum dalam Pemasangan PLTS Atap

Pemasangan PLTS Atap seringkali dihadapkan pada sejumlah tantangan, termasuk ketersediaan ruang yang terbatas, kelayakan finansial, dan peraturan pemerintah yang kompleks terkait izin dan insentif. 

Selain itu, kurangnya pemahaman umum tentang manfaat jangka panjang dari investasi dalam PLTS Atap juga menjadi tantangan utama yang perlu diatasi.

  • Solusi Untuk Mengatasi Hambatan Tersebut

Untuk mengatasi keterbatasan ruang dan kelayakan finansial, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terkait desain dan pembiayaan proyek PLTS Atap. Pendekatan inovatif seperti pemanfaatan ruang vertikal atau kolaborasi dengan lembaga keuangan untuk solusi pembiayaan yang lebih terjangkau bisa menjadi solusi yang efektif. 

Peningkatan pemahaman masyarakat tentang manfaat PLTS Atap juga dapat dicapai melalui kampanye edukasi yang menyeluruh, termasuk pameran, seminar, dan materi informasi yang mudah diakses. 

Seiring dengan itu, kerjasama erat dengan pemerintah untuk menyederhanakan proses perizinan dan memberikan insentif yang lebih jelas dapat membantu meredakan hambatan administratif yang sering dihadapi oleh calon pengguna PLTS Atap.

FAQ

  1. Apa yang Dimaksud dengan Sistem PLTS Atap? 

    Sistem PLTS Atap adalah sebuah sistem yang dapat menghasilkan listrik bersumber dari sinar matahari dengan memanfaatkan modul fotovoltaik yang dipasang di atas atap, dinding, atau area lain pada bangunan milik pelanggan PLTS Atap. 

  2. Apa Keuntungan Memasang Sistem PLTS Atap?

    Manfaat pemasangan sistem PLTS Atap meliputi penghematan atau pengurangan biaya tagihan listrik bulanan. Selain itu, penggunaan PLTS Atap memberikan akses  listrik dari sumber energi terbarukan yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

  3. Apakah Instalasi Listrik di Rumah Saya Perlu Diganti dengan Pemasangan PLTS Atap? 

    Sistem PLTS Atap dengan skema On-Grid tidak mengganti instalasi listrik yang telah ada; sebaliknya, sistem ini menambahkan instalasi PLTS Atap yang terhubung dengan instalasi listrik yang sudah ada. 
    Jika terjadi penambahan daya listrik, perlu dilakukan pemeriksaan pada instalasi yang sudah ada untuk menentukan apakah diperlukan penggantian atau tidak. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan instalasi dan memenuhi persyaratan teknis yang diperlukan.

  4. Siapa yang Dapat Menggunakan Sistem PLTS Atap? 

    Sistem PLTS Atap dapat dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk pada sektor rumah tangga, bisnis, lembaga sosial, pemerintah, dan industri yang terhubung pada jaringan tenaga listrik yang telah memegang izin usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum (IUPTLU).

  5. Apakah PLTS Atap Bisa Dipasang Secara Mandiri? 

    Pemasangan PLTS Atap hanya dapat dilakukan oleh badan usaha yang sudah terdaftar secara resmi sebagai Badan Usaha Pembangunan dan Pemasangan PLTS. Daftar badan usaha tersebut dapat diakses melalui situs website Kementerian ESDM.

  6. Apakah PLTS Atap Bisa Menjadi Sumber Cadangan Ketika Listrik PLN Mati? 

    PLTS Atap dapat digunakan sebagai sumber cadangan tanpa terhubung ke jaringan pemegang IUPTLU. Hal ini dapat dilakukan jika pengguna memasang PLTS Atap dengan skema Off-Grid. Namun, untuk kondisi tersebut, beberapa persyaratan perlu dipenuhi, salah satunya adalah penggunaan baterai. Perlu dicatat bahwa penggunaan baterai dapat mengakibatkan biaya investasi yang lebih tinggi.

  7. Bagaimana Cara Menjaga Performa Panel Surya Atap? 

    Pertama, menjaga kebersihan modul surya dari kotoran dan memastikan tidak ada bayangan yang menutupi modul surya.  Kedua, secara rutin memonitor kinerja sistem PLTS Atap, termasuk memastikan bahwa rangkaian kabel tidak ada yang terlepas dan mengawasi jumlah listrik yang dihasilkan.

  8. Apakah Konsumen Industri PLTS Atap Ditarifkan untuk Biaya Kapasitas dan Biaya Darurat? 

    Pelanggan PLTS Atap dari kalangan industri, yang terhubung ke jaringan pemegang IUPTLU, akan dikenai biaya kapasitas (capacity charge) sebagai bagian dari operasi paralel.  Namun, mereka tidak akan dikenai biaya untuk pembelian energi listrik darurat (emergency energy charge).

  9. Apakah Ada Peraturan Khusus untuk Pelanggan PLTS Atap dengan Kapasitas Besar? 

    Untuk pembahasan lebih detail mengani PLTS di Indonesia kunjungi : https://sunenergy.id/blog/pembangkit-listrik-tenaga-surya

Kesimpulan

PLTS Atap menawarkan solusi berkelanjutan dengan keunggulan ekonomis, dan efisiensi energi. Maka dari itu, Anda bisa merencanakan instalasi dengan cermat, dan memperhatikan kualitas komponen dan juga konfigurasi sistemnya. 

PLTS Atap dari SUN Energy memberikan keunggulan melalui penyediaan energi listrik yang efisien, ramah lingkungan, dan ekonomis. Dengan teknologi canggih, PLTS Atap ini mengoptimalkan sumber daya surya untuk memenuhi kebutuhan energi tanpa meninggalkan dampak negatif pada lingkungan. 

Imbauan untuk mendorong adopsi energi terbarukan menjadi suara penting untuk mempercepat transformasi menuju masa depan yang berkelanjutan. Dengan mengadopsi PLTS Atap, kita tidak hanya mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional tetapi juga aktif berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan peningkatan ketahanan energi.

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp : http://wa.me/+6288212779865 

Email :  marketing@lifewithsun.com