07 June 2021

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS di Indonesia Terbaik

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya / PLTS di Indonesia – Listrik menjadi kebutuhan primer bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, peralatan elektronik tidak dapat digunakan atau berfungsi sebagaimana mestinya. Listrik juga menjadi sumber penerangan bagi kehidupan manusia dan merupakan kebutuhan dasar untuk segala aktivitas. Kebutuhan akan listrik konvensional dari jaringan nasional yang semakin meningkat dapat mengakibatkan krisis listrik terjadi kapan saja.

Untuk mencegah terjadinya krisis tersebut, saat ini banyak yang mulai beralih menggunakan sumber energi alternatif. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah energi surya melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau yang lebih dikenal sebagai PLTS. Pembangkit listrik ini dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin lebih hemat energi dan hemat biaya.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utama dari PLTS adalah panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus listrik searah (DC) sehingga dibutuhkan komponen lainnya seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak-balik (AC).


Prinsip Kerja PLTS

Di Indonesia, pengguna listrik konvensional sudah banyak yang mulai beralih dan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS / PLTS Atap) dan jumlahnya pun semakin bertambah dari waktu ke waktu. Pembangkit Listrik Tenaga Surya menggunakan dua metode, yaitu  fotovoltaik dan dengan memusatkan energi surya.

1. Prinsip Kerja PLTS dengan Fotovoltaik

Prinsip kerja ini mengubah energi cahaya menjadi listrik secara langsung dengan menggunakan efek bernama fotolistrik.

2. Prinsip Kerja PLTS dengan Pemusatan Energi Surya

Prinsip kerja ini menggunakan lensa maupun cermin yang sudah dikombinasikan dengan sistem pelacak. Tujuannya agar dapat terfokus ke energi matahari di satu titik sehingga menggerakkan mesin panas atau kalornya. Perbedaan antara fotovoltaik dengan pemusatan energi surya terletak pada cara kerja keduanya.

Baca juga : Pengembangan Proyek Sistem Solar Panel Terbesar di Indonesia


Potensi dan Perkembangan PLTS di Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS di Indonesia kedepannya dipercaya memiliki potensi yang besar. Semakin banyak masyarakat yang ingin mengintegrasikan energi listrik konvensional yang terhubung dengan jaringan listrik nasional  dengan energi surya. Selain diminati di skala perumahan, ke depannya PLTS ini akan banyak diminati oleh skala industri atau pabrik, redensial komersial dll. 

Diprediksi di masa depan biaya listrik akan terus meningkat sehingga tagihan biayanya terus membengkak. Untuk penghematan biaya dan energi, PLTS akan banyak diaplikasikan untuk berbagai bangunan di lokasi yang beragam.

Penggunaan energi alternatif untuk gedung komersial, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, dan lainnya, juga telah terbukti lebih hemat, efektif dan efisien. Pemerintah telah mulai menggunakan energi terbarukan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk mendukung program infrastruktur atau pembangunan. Salah satu contohnya adalah untuk elektrifikasi pedesaan.

Masih banyak desa-desa di Indonesia yang belum mendapatkan akses listrik secara merata. Meskipun angka rasio elektrifikasi perdesaan mencapai 99,48% atau meningkat signifikan 84% dari tahun 2019, per Agustus 2020 masih terdapat 433 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Secara terperinci, 433 desa tersebut terbagi di daerah Papua sebanyak 325 desa, Papua Barat sebanyak 102 desa, Nusa Tenggara Timur sebanyak 5 desa, dan Maluku 1 desa. Dengan menggunakan energi alternatif dari tenaga surya, diharapkan akses listrik akan dapat segera dinikmati secara merata oleh semua masyarakat Indonesia.

Untuk mendukung penggunaan energi baru dan terbarukan, pemerintah telah mulai menggunakan energi surya untuk melistriki fasilitas publik. Contohnya, menggunakan energi surya untuk penerangan outdoor sehingga anggaran bisa lebih dihemat. Indonesia merupakan negara tropis, sehingga di masa depan energi surya ini akan dimanfaatkan secara maksimal dalam berbagai sektor.


Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

  1. PLTS Menghasilkan Listrik Alternatif 
    PLTS menciptakan listrik alternatif dari sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan harian. PLTS mampu mengubah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.
     
  2. PLTS Membantu Mengurangi Jejak Karbon
    PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga. Dengan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari potensi penyebab kerusakan lingkungan. Sumber energinya berupa cahaya matahari sehingga tidak pernah habis. Berbeda dengan listrik yang terhubung ke jaringan listrik nasional yang membutuhkan bahan bakar sehingga menyebabkan polusi udara.
     
  3. PLTS Mengurangi Biaya Penggunaan Listrik Harian 
    Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian. Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik bisa lebih hemat.
     
  4. PLTS Memberikan Kontrol Pengelolaan Konsumsi Energi
    Jika menggunakan jaringan listrik nasional, Anda tidak mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka dengan menggunakan PLTS kini semua produksi listrik dan daya yang dikeluarkan dapat Anda monitor setiap harinya melalui aplikasi yang dirancang oleh tim SUN Energy.

    Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau produksi listrik yang dihasilkan PLTS Anda. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat penurunan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.


Mengenal PLTS Atap

Selain Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dipasang di atas tanah, terdapat juga PLTS Atap dimana PLTS tersebut dipasang di atas atap. .PLTS Atap lebih disarankan untuk industri, perumahan, dan gedung komersial karena dapat mengoptimalkan pemanfaatan ruang yang sudah ada tanpa memerlukan lahan tambahan. Atap menjadi lokasi yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari. Sinar matahari tersebut kemudian ditangkap oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan Anda.

Baca Selengkapnya mengenai PLTS Atap di sini : Informasi dan Panduan Lengkap Memilih PLTS Atap Terbaik


SUN Energy : Solusi PLTS di Indonesia Terbaik 

SUN Energy adalah perusahaan pengembang proyek PLTS terkemuka di Indonesia. SUN Energy telah memiliki banyak pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Berdiri sejak tahun 2016, SUN Energy telah menangani berbagai macam proyek pada bangunan skala  kecil hingga besar dengan skala nasional maupun internasional, sehingga kredibilitas SUN Energy telah terbukti melalui portofolio kerja yang luas dan beragam.

Keunggulan PLTS SUN Energy

Keunggulan PLTS Atap dari SUN Energy adalah kualitas yang terbaik dengan mutu pelayanan oleh tenaga ahli. SUN Energy selalu mempertahankan standar keamanan dan keselamatan kerja. SUN Energy juga menyediakan solusi penghematan listrik yang variatif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari penghematan listrik di  gedung perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan sampai dengan pabrik dan industri besar.

4 Alasan Mengapa Harus Menggunakan SUN Energy

1. Biaya Investasi Terjangkau

Jika Anda berpikir bahwa menggunakan PLTS membutuhkan biaya yang sangat mahal, SUN Energy menyediakan solusi pemasangan PLTS yang terjangkau. 

Kami menawarkan investasi dengan DP 0% untuk pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dengan menggunakan PLTS dari SUN Energy, Anda hanya perlu membayarkan sesuai daya listrik yang Anda gunakan setiap bulannya.

2. Memiliki 3 Model Pembiayaan Atraktif

  • Sewa Berdasarkan Kinerja Produk (15-25 tahun) 

    Pembelian sistem panel surya tanpa DP (alias DP 0%) dan Anda dapat langsung merasakan penghematan sejak hari pertama pemakaian.

  • Sewa Panel Surya (3-6 tahun) 

    Dapatkan panel surya dengan uang muka yang sangat terjangkau dan hemat lebih banyak. Dengan DP 0-30%, Anda bisa memiliki PLTS untuk kebutuhan Anda.

  • Pembayaran Penuh 

    PLTS dapat langsung digunakan tanpa uang muka dan Anda dapat langsung merasakan penghematan biaya listrik setiap bulannya.

3. Garansi Pemakaian 25 Tahun

SUN Energy memberikan garansi pemakaian hingga 25 tahun. SUN Energy sangat mengutamakan kualitas produk dan kepuasan dari pelanggan. Anda akan mendapatkan sistem energi surya dengan PLTS Atap terbaik dari SUN Energy.

4. Satu-satunya Developer Lokal dengan Proyek Internasional

SUN Energy berpengalaman mengerjakan PLTS di berbagai lokasi dan jenis bangunan, termasuk, mall, kawasan industri, baik di Indonesia maupun internasional. SUN Energy merupakan satu-satunya pengembang proyek PLTS terkemuka di Indonesia, yang telah memiliki proyek skala internasional lebih dari 17 MWp di Thailand dan 132 MW di Australia.


PLTS Bisa Dicicil Sehingga Lebih Murah

Memiliki PLTS di bangunan bisnis Anda bisa menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan. Anda dapat menghemat biaya tagihan listrik dalam jumlah besar sehingga alokasi biaya penghematan listrik dapat digunakan untuk hal atau kebutuhan lainnya.

Kini, Anda bisa mendapatkan investasi PLTS SUN Energy dengan sangat mudah dengan DP 0% dan sistem cicilan yang lebih ringan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam satu waktu sekaligus.

Dengan menggunakan solusi PLTS dari SUN Energy, Anda juga bisa menjadi bagian generasi yang sadar akan kebutuhan energi baru dan terbarukan. Anda juga sekaligus berpartisipasi dalam menyelamatkan ekosistem di bumi karena telah mulai beralih menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan.


PENUTUP

Saatnya Beralih ke Energi Surya dan Rasakan Manfaatnya

Dengan beralih ke energi surya, Anda tidak hanya menghemat biaya tagihan listrik bulanan, tapi sekaligus menciptakan lingkungan dengan energi yang lebih bersih. Energi baru dan terbarukan ini juga menjadi solusi terbaik untuk menghadapi ancaman krisis listrik yang bisa terjadi di masa depan sekaligus mengurangi efek pemanasan global yang semakin terasa saat ini.

Anda bisa mulai menggunakan PLTS sekarang juga dan memantau langsung produksi listrik Anda secara fleksibel. 

Saatnya Gunakan Solar Panel Indonesia dan Rasakan Hemat Biaya Listrik Hingga 30%

Tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak, karena sistem energi surya dapat menjadi solusi penghematan Anda. Segera gunakan panel surya dari SUN Energy sekarang juga dan rasakan langsung penghematannya sejak hari pertama. Isi formulir berikut ini untuk mendapatkan penawaran yang terbaik sesuai kebutuhan Anda: https://sunenergy.id/project/inquiry 

 

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp: http://wa.me/+6881012251888 

Email: marketing@lifewithsun.com