5 Manfaat Hemat Energi Listrik yang Bisa Anda Dapatkan

Kebutuhan akan listrik menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja, terutama di jaman modern seperti sekarang. Sebab, banyak kegiatan yang dilakukan membutuhkan listrik seperti mengisi daya berbagai perangkat elektronik dan menyalakan lampu. Maka dari itu, Anda perlu menghemat listrik. Memang apa saja manfaat hemat energi? Simak manfaatnya berikut ini.

 

Manfaat Melakukan Hemat Energi

5 Manfaat Hemat Energi Listrik yang Bisa Anda Dapatkan

  1. Turut Memberikan Kontribusi untuk Menurunkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan menghemat atau mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan adalah mampu memberikan kontribusi dalam penurunan bahan bakar fosil di alam. Seperti yang Anda tahu, pembangkit listrik yang ada di Indonesia, umumnya masih memakai bahan bakar fosil.

Apa itu bahan bakar fosil? Bahan bakar fosil ini contohnya adalah seperti batu bara dan minyak. Tentunya, kedua jenis bahan bakar tersebut tidak bisa diperbarui atau istilahnya non renewable. Tidak menutup kemungkinan, jika digunakan secara terus menerus bahan bakar fosil tersebut akan habis seiring dengan berjalannya waktu. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penghematan listrik. Salah satu manfaat hemat energi listrik ini yaitu agar bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbarui tersebut akan tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita nantinya. Dengan menghemat listrik, maka Anda pun akan berperan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil agar tidak cepat habis.

 

  1. Kurangi Polusi Udara

Selanjutnya, ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengurangi penggunaan energi. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pembangkit listrik yang ada di Indonesia ini memang masih banyak yang menggunakan bahan bakar fosil. Tak hanya merupakan jenis energi yang tidak dapat diperbarui, penggunaan bahan bakar ini ternyata juga mampu menimbulkan polusi udara.

Sebab, hasil pembakarannya akan mampu menghasilkan polutan udara. Tidak hanya itu, pembakaran dari bahan bakar fosil ini akan mengakibatkan timbulnya gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Dalam artian, semakin banyak listrik yang Anda gunakan, semakin besar pula emisi karbon yang nantinya akan dihasilkan.

Oleh karena itu, salah satu manfaat hemat energi listrik yaitu, secara tidak langsung Anda akan menghemat penggunaan dari bahan bakar fosil yang tidak terbarukan. Selain itu,  Anda pun akan memiliki kontribusi dalam pengurangan dampakperubahan iklim dan juga mengurangi timbulnya polusi udara.

 

  1. Hindari Resiko Arus Pendek

Ternyata menghemat listrik merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya risiko arus pendek. Hal ini dikarenakan arus pendek pada listrik atau yang dikenal dengan korsleting, bisa terjadi dan dapat menyebabkan rusaknya berbagai macam peralatan elektronik.

Tak menutup kemungkinan, hal tersebut juga akan menimbulkan kebakaran. Korsleting dapat terjadi apabila terdapat kabel listrik yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda bisa menghindari kejadian satu ini dengan mematikan alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Manfaat hemat energi listrik ini pun nantinya akan mampu mencegah terjadinya korsleting.

 

  1. Barang Elektronik Menjadi Lebih Awet

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan darimenghemat penggunaan listrik, yaitu secara tidak langsung Anda bertindak untuk merawat dan memelihara barang elektronik tersebut. Sebab, dengan mematikan perangkat elektronik ketika tidak digunakan akan membuat barang menjadi lebih awet dan memiliki umur panjang.

Contohnya saja ketika Anda tidak menyalakan AC secara terus menerus. Hal tersebut akan membantu agar AC tidak penuh dengan debu dan kotoran yang mampu menghambat kinerjanya. Dengan begitu, umur AC pun akan bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak, apabila penggunaannya juga tidak berlebihan.

Selain itu, gerakan hemat energi listrik ini juga bisa Anda lakukan dengan mematikan lampu saat tak digunakan atau di siang hari. Tindakan ini akanmenghemat umur lampu sehingga nantinya lampu bisa bertahan lebih lama dan Anda pun tidak perlu beli lampu baru dalam kurun waktu yang cepat.

 

  1. Mampu Menekan Biaya Pengeluaran

Salah satu manfaat hemat energi listrik lainnya adalah mampu menekan biaya pengeluaran. Pasalnya, menghemat listrik akan membuat tagihan Anda nantinya tidak membengkak dan jadi lebih ringan. Tentunya hal ini akan berbanding terbalik, apabila Anda boros dalam mengonsumsi listrik. Alhasil,semakin besar tagihan listrik yang Anda bayarkan. Oleh karena itu, hemat listrik juga dapat menghemat pengeluaran Anda per bulan.

 

Penutup 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghemat listrik. Hemat energi ini juga bisa Anda lakukan dengan mulai menggunakan energi terbarukan, salah satunya menggunakan energi matahari. Dengan SUN Energy, Anda pun bisa mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Selain mampu mengurangi biaya pengeluaran per bulannya, Anda juga bisa menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan.

Kini dengan DP 0%, Anda bisa mendapatkan produk solar panel terbaik dari SUN Energy. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ( DP 0% SUN Energy )

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.