30 September 2021

5 Manfaat Hemat Energi Listrik yang Bisa Anda Dapatkan

Manfaat Hemat Energi Listrik

Kebutuhan akan listrik menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja, terutama di zaman modern seperti sekarang. Sebab, banyak kegiatan yang dilakukan membutuhkan listrik seperti mengisi daya berbagai perangkat elektronik dan menyalakan lampu. Maka dari itu, Anda perlu menghemat listrik. Memang apa saja manfaat hemat energi? Simak manfaatnya berikut ini.

Manfaat Melakukan Hemat Energi

1. Turut Memberikan Kontribusi untuk Menurunkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan menghemat atau mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan adalah mampu memberikan kontribusi dalam penurunan bahan bakar fosil di alam. Seperti yang Anda tahu, pembangkit listrik yang ada di Indonesia, umumnya masih memakai bahan bakar fosil.

Apa itu bahan bakar fosil? Bahan bakar fosil adalah salah satu jenis sumber energi yang berasal dari dalam bumi. Namun, sumber daya nya tidak dapat diperbaharui (non renewable) dalam waktu singkat dan penggunaannya bisa berdampak bagi kehidupan manusia, contohnya adalah batu bara dan minyak.Berdasarkan data dari Kementerian ESDM Republik Indonesia, penggunaan bahan bakar fosil masih dominan dalam penggunaan pembangkit listrik Indonesia, yaitu mencapai 60.485 MW setara 85,31 persen dari total kapasitas terpasang nasional. Melihat dari intensitas penggunaanya, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa bahan bakar fosil akan habis dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, Anda dapat mulai beralih menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan dan dapat terbarui (renewable energy), seperti tenaga surya. Dengan mulai beralih menggunakan listrik dari sumber energi terbarukan maka Anda pun akan turut berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim.

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja PLTS Untuk Menghasilkan Listrik Ramah Lingkungan

2. Kurangi Polusi Udara

Selanjutnya, ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengurangi penggunaan energi konvensional (fosil). Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pembangkit listrik yang ada di Indonesia memang masih banyak menggunakan bahan bakar fosil. Tak hanya merupakan jenis energi yang tidak dapat diperbarui, penggunaan bahan bakar ini ternyata juga mampu menimbulkan polusi udara.

Berdasarkan penelitian IFL Science, Global Burden of Disease menyatakan bahwa polusi udara dari ketergantungan yang terus-menerus pada bahan bakar fosil merusak kesehatan global. Menurut peneliti, wilayah yang mengalami konsentrasi tertinggi polusi udara terkait bahan bakar fosil termasuk di antaranya Amerika Utara bagian Timur, Eropa, dan Asia Tenggara. 

Tidak hanya itu, pembakaran dari bahan bakar fosil ini akan mengakibatkan timbulnya gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim. Dalam artian, semakin banyak listrik dengan energi fosil Anda gunakan, semakin besar pula emisi karbon yang akan dihasilkan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai beralih menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan untuk sumber pembangkit listrik, salah satunya adalah memanfaatkan energi surya.

3. Hindari Resiko Arus Pendek

Ternyata menghemat listrik merupakan salah satu cara untuk menghindari terjadinya risiko arus pendek. Hal ini disebabkan oleh arus pendek pada listrik atau yang dikenal dengan korsleting, bisa terjadi dan dapat menyebabkan rusaknya berbagai macam peralatan elektronik.

Tak menutup kemungkinan, hal ini juga akan menimbulkan kebakaran. Korsleting dapat terjadi apabila terdapat kabel listrik yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, Anda dapat menghindari korsleting dengan mematikan alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Manfaat hemat energi listrik ini pun nantinya akan mampu mencegah terjadinya korsleting.

4. Barang Elektronik Menjadi Lebih Awet

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari menghemat penggunaan listrik, yaitu secara tidak langsung Anda bertindak untuk merawat dan memelihara barang elektronik tersebut. Sebab, dengan mematikan perangkat elektronik ketika tidak digunakan akan membuat barang menjadi lebih awet dan memiliki masa pemakaian yang panjang.

Contohnya ketika Anda tidak menyalakan AC secara terus menerus. Hal tersebut akan membantu agar AC tidak penuh dengan debu dan kotoran yang mampu menghambat kinerjanya. Dengan begitu, umur AC akan bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak, apabila penggunaannya juga tidak berlebihan.

Selain itu, gerakan hemat energi listrik ini juga bisa Anda lakukan dengan mematikan lampu saat tak digunakan atau di siang hari. Tindakan ini akan menghemat umur lampu sehingga nantinya lampu bisa lebih awet dan Anda pun tidak perlu membeli lampu baru dalam kurun waktu yang pendek

5. Mampu Menekan Biaya Pengeluaran

Salah satu manfaat yang akan sangat terasa saat meng hemat energi listrik adalah mampu menekan biaya pengeluaran. Pasalnya, menghemat listrik akan membuat tagihan Anda nantinya tidak membengkak dan jadi lebih ringan. Tentunya hal ini akan berbanding terbalik, apabila Anda boros dalam mengkonsumsi listrik. Alhasil, semakin besar tagihan listrik yang Anda bayarkan. Oleh karena itu, hemat listrik juga dapat menghemat pengeluaran Anda per bulan.

Penutup 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menghemat listrik. Manfaat penghematan energi ini juga bisa semakin maksimal dengan mulai menggunakan energi terbarukan, salah satunya menggunakan energi matahari. Menggunakan energi matahari dapat menjadi pilihan yang cocok untuk Anda karena sangat mudah pengaplikasian dan juga pemeliharaannya. 

Dengan SUN Energy, Anda pun bisa mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Selain mampu menikmati penghematan biaya pengeluaran listrik setiap bulannya, Anda juga telah berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklim dengan menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan.

Anda dapat menggunakan solusi SUN Energy baik untuk skala perumahan (residensial) maupun bisnis Anda seperti pabrik, gudang, gedung perkantoran, mall, rumah sakit, hotel, dan lain-lain. Untuk informasi lengkap dan konsultasi mengenai pemasangan solar panel dengan DP 0%, silahkan klik disini ( DP 0% SUN Energy ). Anda juga dapat menghitung pengeluaran listrik perusahaan anda pada halaman berikut ini : https://sunenergy.id/project/inquiry

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp: http://wa.me/+62881012251888

Email: marketing@lifewithsun.com