Energi alternatif sinar matahari – Indonesia memiliki potensi energi matahari yang sangat melimpah. Secara geografis, Indonesia terletak di kawasan khatulistiwa. Menurut data dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), radiasi harian rata-rata dari energi matahari sebesar 4.8 KWh per meter persegi. Dengan intensitas paparan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun, energi matahari sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Melihat kondisi Indonesia seperti ini, maka PLTS dapat dipasang dimana saja bahkan di seluruh wilayah Indonesia. Sinar matahari bisa dirasakan manfaatnya secara langsung dan penyerapan energi matahari dapat menjadi semakin maksimal.

 

Pengertian Energi Matahari

Energi matahari merupakan energi alternatif yang dihasilkan dari pancaran panas dan juga cahaya matahari. Energi ini dimanfaatkan untuk berbagai macam teknologi. Sebagai bola gas dengan ukuran yang besar, matahari menghasilkan panas dan cahaya yang sangat terang untuk bumi ketika terjadi reaksi rantai proton dalam memancarkan energi yang cukup besar.

Panas yang didapatkan dari sinar matahari sangat penting bagi penggunaan energi terbarukan. Energi matahari tidak bisa langsung digunakan sebagai sumber daya listrik, sehingga harus dikonversikan atau diubah menjadi energi listrik terlebih dahulu. Energi listrik yang telah dikonversikan dapat disimpan ke dalam baterai dan dapat digunakan sebagai sumber energi listrik konvensional.

 

Energi Matahari Dimanfaatkan untuk PLTS

Energi sinar matahari menjadi energi terbarukan dapat dimanfaatkan dan menjadi sumber energi alternatif di masa depan. Konsumsi listrik konvensional yang terus meningkat saat ini membuat krisis listrik dapat terjadi kapan saja. Dengan energi alternatif yang terbarukan, masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena energi matahari bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber alternatif listrik.

Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia karena semua aktifitas manusia tidak terlepas dari penggunaan listrik. Di era digital saat ini, semakin banyak alat elektronik yang membutuhkan listrik sebagai sumber energi. Tanpa listrik, teknologi akan lumpuh dan peralatan elektronik tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat ini PLTS telah banyak digunakan di berbagai tempat, seperti perumahan, pabrik, industri, gedung komersial, fasilitas umum, dan masih banyak lagi lainnya. PLTS digunakan dengan tujuan untuk menghemat dan memangkas biaya listrik setiap bulannya.

Krisis listrik ini dapat saja terjadi di masa depan, sehingga antisipasi dini sangat penting untuk dilakukan, yaitu dengan mulai beralih dan memanfaatkan berbagai macam energi alternatif. Salah satunya adalah energi matahari/surya.

Untuk mendapatkan manfaat dari energi surya, Anda dapat memasang panel surya. Panel surya dapat dipasang di atap bangunan maupun di tanah luas yang nantinya akan menyerap langsung panas dan energi dari matahari.

 

Mengapa Harus Tenaga Surya atau Solar?

Saat ini, masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya untuk mulai beralih menggunakan energi alternatif yang baru dan terbarukan, salah satunya adalah energi / tenaga surya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam penggunaan tenaga surya atau panel surya dibandingkan dengan energi listrik konvensional.

Dengan iklim tropis, energi matahari sangat efektif untuk digunakan di Indonesia. Energi alternatif ini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar apapun. Energi surya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Panel surya dapat digunakan untuk memanfaatkan tenaga surya / matahari. Dari segi ketahanan, panel surya dapat digunakan untuk jangka waktu panjang serta perawatannya juga cukup mudah. Energi matahari juga dapat dimanfaatkan di tempat atau lokasi yang tidak memiliki sumber listrik, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi cadangan (backup) apabila listrik konvensional padam atau tidak stabil. Penggunaan panel surya juga dapat meningkatkan nilai jual gedung maupun tempat tinggal Anda.

Ketergantungan dengan listrik konvensional dapat diatasi dengan penggunaan energi baru dan terbarukan. Tagihan listrik juga dapat berkurang dengan menggunakan energi listrik berbasis tenaga surya. Sistem PLTS tidak mengeluarkan suara atau bunyi apapun, sehingga tidak akan menimbulkan polusi udara.

PLTS juga tidak memerlukan power supply dengan listrik yang besar sehingga sangat ekonomis. Selain itu, jika dibandingkan dengan listrik konvensional, PLTS tidak memiliki risiko korsleting yang seringkali menyebabkan kebakaran.

Sudah banyak masyarakat yang puas dengan beralih menggunakan energi baru dan terbarukan. Dengan energi bersih, Anda dapat menghemat tagihan listrik sampai dengan jutaan rupiah per tahunnya. Para pelaku bisnis juga sudah banyak beralih menggunakan panel surya karena jauh lebih hemat. Biaya tagihan listrik untuk kegiatan operasional, seperti di pabrik maupun industri menjadi lebih hemat sampai dengan 30% setiap bulannya sehingga biaya tersebut dapat digunakan untuk keperluan atau kepentingan bisnis lainnya. Dengan menggunakan panel surya, biaya listrik dan operasional berkurang, bisnis Anda tetap terus berkembang.

 

Energi Surya dari SUN Energy

Jangan biarkan tagihan listrik bulanan Anda terus membengkak! Anda dapat mulai beralih sekarang untuk menggunakan energi bersih dan terbarukan. SUN Energy sebagai salah satu perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya terbesar di Indonesia telah berpengalaman dalam menyediakan solusi panel surya untuk berbagai jenis kebutuhan, mulai dari perumahan, gedung perkantoran, sampai pabrik dan industri.

SUN Energy memberikan layanan sistem tenaga surya. Cukup dengan DP 0%, Anda telah dapat memiliki solusi terbaik penghematan biaya listrik bulanan. Tertarik menggunakan panel surya? Segera hubungi SUN Energy untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Klik disini untuk info lebih lanjut : SUN Energy

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Workflow Solutions

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.