12 June 2023

Definisi & Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Definisi & Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia

Kementerian ESDM melalui siaran persnya menyebutkan bahwa Indonesia kaya akan energi terbarukan dengan potensi lebih dari 400.000 Mega Watt (MW), dimana 50% di antaranya atau sekitar 200.000 MW adalah potensi dari energi surya. Namun, pemanfaatannya saat ini hanya sekitar 0,08% dari potensinya.

Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat Indonesia terletak di wilayah dengan iklim tropis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. dimana musim panas pemanfaatan tenaga surya secara maksimal baik secara langsung maupun tidak langsung.

Aplikasi pemanfaatan tenaga surya yang sampai saat ini masif dimanfaatkan ialah berupa PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Sebelum penjelasan lebih jauh, berikut informasi substansial mengenai energi matahari sebagai sumber dari sumber daya listrik tersebut.

Sekilas Mengenai Definisi Energi Matahari 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2007 Tentang Energi, mengkategorikan sinar matahari sebagai sumber energi terbarukan, yaitu sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang berkelanjutan yang dapat dikelola secara efektif dan efisien.

Selain itu, energi matahari merupakan sumber energi alternatif yang dapat menggantikan sumber energi tak terbarukan. Pada dasarnya, energi tak terbarukan tersebut akan habis jika dieksploitasi secara terus-menerus, seperti minyak bumi, gas bumi, dan batu bara.

Pengelolaan energi matahari memiliki tujuan dan landasan atas asas kemanfaatan, rasionalitas, efisiensi berkeadilan, peningkatan nilai tambah, keberlanjutan, kesejahteraan masyarakat, pelestarian fungsi lingkungan hidup, ketahanan nasional, dan keterpaduan dengan mengutamakan kemampuan nasional.

Varietas Inti Energi Matahari 

Varietas energi matahari digolongkan menjadi dua, yaitu sinar matahari dan fotovoltaik.

  • Sinar matahari seperti yang kita ketahui berguna bagi semua jenis makhluk hidup di bumi. Mulai dari proses fotosintesis pada tumbuhan, membantu produksi vitamin D bagi manusia, dan masih banyak lagi.
  • Energi matahari bersifat fotovoltaik atau sebagai pembangkit listrik tenaga surya, yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh wilayah yang belum terjangkau oleh pembangkit listrik konvensional.

Cara Penggunaan Energi Matahari 

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, penggunaan energi matahari dapat disalurkan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pemanfaatan energi matahari secara langsung oleh panel surya yang disambungkan dengan peralatan elektronik berarus AC maupun berarus DC seperti lampu, pompa air, kulkas, dan televisi. 

Sementara itu, penggunaan energi matahari secara tidak langsung, yakni dengan menyalurkannya pada bank penyimpanan seperti baterai, sehingga dapat digunakan kapanpun dibutuhkan.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Panel Surya Yang Wajib diketahui

Proses Pemanfaatan Energi Matahari 

Energi matahari yang dapat didayagunakan sebagai energi panas dengan metode surya termal, atau diubah ke energi listrik dengan teknologi photovoltaic melalui alat konversinya yaitu modul surya.

Energi cahaya matahari yang diterima suatu permukaan di bumi umumnya berkisar 1.000W/m². Artinya, setiap luasan 1 m² berpotensi menghasilkan energi listrik tenaga surya sebanyak 160 sampai dengan 200W.

Sistem pengolahan energi matahari berjalan dengan cara memusatkan energi pada satu titik atau concentrated solar power (CSP), panas yang dikonsentrasikan akan digunakan sebagai sumber pembangkit listrik penggerak generator.

Manfaat Energi Matahari Bagi Kehidupan Manusia 

Keistimewaan energi surya telah banyak kita rasakan manfaatnya, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Manfaat Kesehatan

    Selain bekerja sebagai sintesis vitamin D, sinar matahari juga berperan dalam membuat tidur lebih nyenyak (Akita University School of Medicine), meningkatkan fungsi otak (University of Liège), dan menjaga sistem kekebalan tubuh (Georgetown University Medical Center). Bahkan, studi lebih lanjut menjelaskan efek kesehatan mental yang membaik setelah terpapar sinar matahari.

  2. Sumber Energi Alternatif

    Energi matahari merupakan sumber energi yang dapat dijadikan sebagai opsi untuk menggantikan sumber energi tak terbarukan lainnya. Dengan demikian, pemakaiannya dapat berpotensi mengurangi konsumsi bahan bakar gas lebih dari 47 juta MMBTU per tahun dan diperhitungkan dapat menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 4,58 juta ton CO2e.

  3. Transportasi Bertenaga Surya

    Transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan melahirkan preferensi moda kendaraan dengan tenaga surya. Baik itu dengan panel yang dirancang langsung pada kendaraan, hingga pengisian bahan bakar listrik dari stasiun pengisian daya.

Perkembangan Teknologi Energi Matahari 

Invensi sel surya oleh Charles Fritts pada tahun 1883 seperti membuka gerbang ke masa depan, dimana setelahnya teknologi terbarukan dari energi matahari mulai memberikan harapan baru bagi dunia.

Salah satu pengaplikasian energi matahari sebagai energi terbarukan ialah melalui teknologi PLTS. PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya, mengkonversi sel surya atau photovoltaic yang dialihkan menjadi energi listrik dan selanjutnya dikenal dengan istilah solar photovoltaic system.

Dilansir dari Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial yang menjelaskan bahwa potensi energi surya di tanah air jumlahnya mencapai 207,8 Giga Watt (GW). Namun, hingga akhir 2021 kapasitas terpasang PLTS di Indonesia baru mencapai 200,1 Megawatt saja.

Stimulus yang diupayakan pemerintah saat ini yaitu dengan mengevaluasi kebijakan yang telah terbit, aktualisasi layanan dengan basis aplikasi, dan memangkas alur birokrasi permohonan izin pembangkit tenaga surya.

SUN Energy adalah solusi pemasangan PLTS terbaik untuk Anda

Dengan memberikan daya dukung terhadap program pemerintah, dan diseminasi untuk mengangkat konsep green product, SUN Energy menawarkan solusi terhadap kebutuhan energi surya yang berkelanjutan melalui komoditas yang inovatif dan teknologi yang modern.

Kami mengelola dan menyelenggarakan energi terbarukan yang kemudian Kami sediakan untuk ketersediaan daya energi yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan.

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi  lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp: http://wa.me/+6288212779865 

Email: marketing@lifewithsun.com