27 June 2024

Manfaat Instalasi Sistem Solar Panel Untuk Sektor Industri dan Komersial di Indonesia

solar panel indonesia

Sistem solar panel mampu mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik dan dapat digunakan di berbagai jenis bangunan, mulai dari, gedung komersial perkantoran, ruko, pusat perbelanjaan, hingga bangunan industri seperti pabrik dan gudang.

Saat ini sistem solar panel tersedia dengan beragam jenis yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan serta kondisi atapnya, serta model pembiayaan inovatif yang dapat memberikan kemudahan kepada para pelanggan. SUN Energy merupakan partner terpercaya yang mampu menginstalasi solar panel di pabrik atau gedung bangunan Anda. Sebagai perusahaan pengembang proyek sistem solar panel terkemuka di Indonesia, SUN Energy telah mencatatkan sejumlah portofolio proyek pada sektor industri dan komersial lebih dari 200 proyek dengan jumlah proyek solar panel 300+ MWp di lebih dari 30 kota di Indonesia. Bahkan, jika bekerja sama dengan SUN Energy, ada skema pemasangan solar panel tanpa biaya (rental) dilengkapi sistem monitoring 24 jam, serta penggunaan komponen berkualitas, garansi hingga 25 tahun.

Sejak tahun 2016, SUN Energy memberikan kenyamanan kepada pelanggan melalui layanan lengkap  mulai dari pengembangan desain sistem solar panel, instalasi, pembiayaan, pengurusan perizinan, hingga pemeliharaan.

Manfaat Menggunakan Sistem Solar Panel 

Berikut adalah 4 Manfaat Utama Menggunakan Solar Panel Indonesia

1. Penghematan biaya listrik hingga 30% tiap bulannya

Biaya listrik cenderung menjadi salah satu biaya operasional yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan mengikuti perkembangan bisnis yang terus meningkat. Semakin bisnis berkembang dan memerlukan kegiatan produksi yang tinggi, pengeluaran biaya listrik juga akan meningkat setiap bulannya. Terutama aktivitas bisnis atau industri yang memiliki beban listrik dalam jumlah yang besar. Slogan hemat listrik belum signifikan dapat mengurangi biaya listrik tersebut.

Dengan memasang sistem solar panel dari SUN Energy, Anda akan mendapatkan penghematan tagihan listrik hingga 30% setiap bulannya untuk pemakaian listrik di siang hari. Penghematan ini sangat membantu Anda sehingga dapat mengalokasikan dana tersebut untuk pengeluaran biaya operasional lainnya, seperti biaya karyawan atau pengadaan mesin dan teknologi baru.

2. Mendukung program transisi energi Pemerintah dan mendorong penggunaan sumber energi ramah lingkungan

Dorongan dari dunia global melalui Paris Agreement United Nations Framework Convention tentang Perubahan Iklim, mendorong setiap negara harus berkontribusi mengurangi pemanasan global dan menjaga kenaikan suhu rata-rata di bawah 2° C. Pemerintah Indonesia juga turut berkomitmen untuk menggunakan energi bersih sekitar 23% di tahun 2025 dan Net Zero Emissions di tahun 2060.

Sistem solar panel merupakan sumber energi matahari yang bersih dan ramah lingkungan, berbeda dengan sumber energi konvensional yang saat ini kita gunakan cenderung kotor dan polusi. Melalui pemasangan sistem solar panel, Anda turut mendukung target pemerintah serta berkontribusi mengurangi emisi karbon dan menjaga bumi tetap bersih, ramah lingkungan, dan layak huni bagi generasi yang akan datang.

3. Instalasi tanpa biaya,mudah dan cepat

Indonesia memiliki iklim tropis dengan sinar matahari sepanjang hari kecuali pada saat malam. Dibuktikan dengan data radiasi rata-rata di Indonesia 4,8 kWh/m2, membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi energi surya terbesar.

Kondisi ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan  sistem solar panel yang bersumber dari tenaga matahari sebagai upaya mengurangi ketergantungan dari listrik konvensional. Sistem solar panel dapat digunakan di berbagai jenis gedung, bangunan, dan lokasi, sesuai dengan kebutuhan kapasitas dan ketersediaan lahan Anda. 

SUN Energy memiliki pengalaman instalasi solar panel berkapasitas 1 MWp hanya dalam waktu 2 bulan. Sehingga jika Anda membutuhkan instalasi energi baru terbarukan dengan cepat, sistem energi surya menjadi jawaban atas tantangan ini.

Terlebih lagi, kini instalasi sistem solar panel dengan teknologi yang canggih tidak memerlukan biaya yang tinggi bahkan tidak memerlukan biaya pemasangan bersama dengan perusahaan pengembang solar panel yang tepat

4. Meningkatkan reputasi perusahaan dengan label Green and Sustainable Company

Seluruh pihak di berbagai negara saat ini mengedepankan bisnis yang berkelanjutan di 3 aspek utama yaitu ESG; environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola perusahaan). Di sektor industri keuangan, para investor kini tidak hanya mempertimbangkan kinerja keuangan untuk melihat prospeknya, mereka menambahkan faktor ESG pada sebuah emiten. Dengan memasang sistem solar panel, Perusahaan Anda telah menunjukkan komitmen keberlanjutan yang dapat meningkatkan nilai Perusahaan.

Dengan memasang sistem solar panel, Perusahaan Anda telah menunjukkan komitmen keberlanjutan yaitu penggunaan energi nol emisi karbon yang dapat berdampak pada lingkungan.


 

Tips Pemasangan Solar Panel

Ada beberapa tips pemasangan agar solar panel  bisa berjalan dengan maksimal dan optimal Berikut adalah tipsnya

  • Perhatikan Struktur Bangunan, Kondisi Atap, dan Lokasi Bangunan Anda

Hal utama yang patut diperhatikan dalam memasang sistem solar panel adalah struktur bangunan dan kondisi atapnya. Satu buah panel kurang lebih berukuran 1×2 meter memiliki berat sebesar 25 kg. Sebagai gambaran, kapasitas 500 kWp solar panel membutuhkan 1.500 keping panel dengan total berat sekitar 39 ton. Untuk itu perlu analisa mendalam mengenai struktur bangunan dan kondisi atap apakah mampu menopang dengan kuat  solar panel yang akan dipasang di atap bangunan. 

Selain itu, lokasi bangunan Anda juga layak diperhitungkan, apakah ada bangunan di samping yang cukup tinggi yang akan  menutupi bangunan Anda untuk mendapatkan sinar matahari di siang hari. Semakin kondisi bangunan Anda terbebas oleh bangunan lain di sisi samping, depan, maupun belakang, maka akan semakin mudah bangunan Anda akan mendapatkan sinar matahari sehingga sistem solar panel akan menghasilkan energi yang maksimal.

  • Instalasi oleh Ahli yang Berpengalaman

Teknisi untuk memasang solar panel membutuhkan sertifikasi keahlian tertentu. Oleh karena itu, pastikan memasang solar panel oleh perusahaan yang terpercaya dan memiliki ahli yang berpengalaman. Jika dilakukan oleh perusahaan yang belum berpengalaman, Anda akan menemukan kesulitan kedepannya, baik dari sisi teknis hingga perizinan.

  • Gunakan Teknologi dan Komponen Berkualitas

Pemakaian solar panel jangka panjang ini tentu harus ditopang oleh produk berkualitas dan handal serta mitra terbaik yang telah terbukti di bidangnya. SUN Energy memberikan garansi hingga 25 tahun untuk menjaga performa sistem solar panel Anda dan memberikan layanan pemeliharaan agar Anda tetap dapat mendapatkan penghematan dari sumber energi ramah lingkungan. Penggunaan teknologi dan komponennya pun merupakan yang terbaik dan nomor 1 di kelasnya, sehingga Anda akan merasa tenang memiliki sistem solar panel dengan kualitas teknologi yang berkualitas.

Cara Kerja Solar Panel 

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan energi listrik. Komponen utama dari PLTS adalah panel surya fotovoltaik yang dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik sehari-hari. Arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya fotovoltaik adalah arus listrik searah (DC) sehingga dibutuhkan komponen lainnya seperti inverter untuk mengkonversi arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak-balik (AC).

Proses Produksi Energi Listrik oleh Sistem PLTS

Panel Surya

Inverter

Advanced Meter (Net Metering)

Load

Jaringan PLN


 

Produk Sistem Solar Panel dari SUN Energy

SUN Energy menyediakan layanan instalasi produk solar panel untuk segala kebutuhan Anda, di sektor industri, komersial hingga perumahan. Berikut detail produk solar panel dari SUN Energy :

1. Solar Panel Untuk Kebutuhan Industri

Sistem solar panel sangat cocok untuk bangunan industri seperti pabrik dan gudang. Berdasarkan testimoni dari pelanggan SUN Energy, mereka bisa mendapatkan penghematan biaya listrik hingga 30% setiap bulannya, tergantung dari radiasi cahaya matahari yang ada di daerah Anda. 

Apalagi jika Anda memilih sistem DP 0% dari SUN Energy, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan sistem solar panel dan langsung menghemat sampai dengan 30%. SUN Energy berpengalaman memasang sistem solar panel pada bangunan industri atau gedung komersial.

2. Solar Panel Untuk Kebutuhan Komersial

Gedung komersial seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen, dan ruko memiliki beban operasional berupa biaya listrik yang tinggi. Dengan memasang sistem solar panel, Anda dapat meningkatkan keuntungan dari penghematan yang didapatkan setiap bulannya. Energi bersih dan ramah lingkungan ini sangat mudah diaplikasikan dan terjangkau. Meskipun atap gedung komersial cenderung penuh oleh utilitas lainnya, solar panel bisa diinstalasi di atas atap parkir. Pengalaman SUN Energy memasang sistem solar panel di sebuah pusat perbelanjaan, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk kapasitas sistem solar panel sebesar 1 MWp.

3. Solar Panel Untuk Kebutuhan Perumahan

Salah satu lini bisnis SUN Energy yang memberikan layanan bagi pelanggan ritel atau perumahan, adalah SUN Terra. Anda bisa mengunduh aplikasi SUN Tera untuk mendapatkan hunian pintar yang menggunakan energi bersih. Dengan menggunakan produk kami, Anda dapat memonitor pemakaian energi di rumah dari lokasi mana pun semudah satu sentuhan jari.

Akses gawai ini sangat fleksibel bisa dimanapun dan kapanpun. Dengan memproduksi energi listrik dari sinar matahari Anda sebagai konsumen bisa diuntungkan. Anda bisa menggunakan PLTS di siang hari sehingga bisa menutup biaya listrik yang biasanya dikeluarkan saat pagi sampai dengan sore hari.

 


 

3 Model Pembiayaan Solar Panel Indonesia

Berikut adalah 3 Model Pembiayaan Solar Panel Indonesia dari SUN Energy

1. Pembayaran Penuh

Anda membayar penuh sistem solar panel yang dipasang di bangunan Anda. Rasakan manfaat menghemat biaya listrik hingga 30% dengan menggunakan solar panel Indonesia sekarang juga!

2. Sewa Solar Panel Dengan Jangka Waktu (3-7 thn) 

Anda dapat mencicil sistem solar panel yang dipasang di bagunan Anda. Setelah cicilan lunas, sistem tersebut akan menjadi milik Anda.

3. Sewa Berdasarkan Kinerja Produk (15-25 thn)

Tanpa biaya uang muka atau DP 0%, Anda dapat segera memiliki sistem solar panel dan hanya membayar berdasarkan energi yang diproduksi setiap bulannya. Sangat menarik dan mudah!

 


 

Mengapa Harus SUN Energy

Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan SUN Energy

Rp0 Biaya Pemasangan

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun atas sistem solar panel yang terpasang di bangunan Anda. Solar panel Indonesia siap pasang ke lokasi Anda sekarang juga tanpa biaya instalasi.

Garansi Performa Hingga 25 Tahun

Takut solar panel bermasalah? Tenang, SUN Energy memberikan garansi performa dan produk hingga 25 tahun pemakaian kepada para pelanggan.  
SUN Energy mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen dengan menyediakan layanan purna jual

Pengalaman Proyek Lokal - Internasional

SUN Energy merupakan satu-satunya pengembang proyek sistem solar panel di Indonesia yang terbaik dan juga terbesar bahkan telah memiliki proyek skala internasional sejumlah 132 MWp in Australia dan 22 MWp di Thailand.

Ucapkan selamat tinggal untuk tagihan listrik yang mahal

Ingin tahu berapa banyak biaya yang bisa Anda hemat dengan menggunakan solar panel Indonesia? Silahkan cek pada kalkulator berikut. Segera beralih ke penggunaan energi bersih dan ikut serta dalam menjaga kelestarian bumi.

Segera gunakan solar panel Indonesia sekarang juga dan rasakan hemat biaya listrik hingga 30% tiap bulannya.

Saatnya Gunakan Solar Panel Indonesia dan Rasakan Hemat Biaya Listrik Hingga 30%

Jangan biarkan tagihan listrik Anda terus membengkak setiap bulannya. Gunakan solar panel Indonesia sekarang juga. Anda bisa hemat biaya listrik hingga 30% tiap bulannya sekaligus menyelamatkan berbagai ekosistem di muka bumi karena solar panel sangat ramah lingkungan. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp : http://wa.me/+62811-8989-008

Email: marketing@lifewithsun.com