18 September 2022

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Simak Alasannya Di Sini!

Sudahkah Anda tahu alasan mengapa kita memerlukan energi alternatif? Jika belum, artikel ini akan memberikan jawaban untuk Anda.  Belakangan cukup banyak orang yang berkampanye mengenai gerakan go green. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kampanye hijau seperti gerakan go green, salah satunya menggunakan atau memanfaatkan energi alternatif. Seperti yang sudah diketahui, manusia merupakan makhluk yang membutuhkan energi untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Manusia butuh energi untuk mengoperasikan barang elektronik seperti menyalakan kipas, AC, TV, dan lainnya.  

Sebagian besar energi listrik sering didapat dari bahan bakar fosil yang tidak bisa diperbarui. Untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi listrik, energi alternatif perlu mulai dimanfaatkan.

 

Solusi Energi Alternatif Terbaik: Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Membahas tentang energi alternatif tidak terlepas dari pembangkit listrik tenaga surya. Ya, dibandingkan dengan energi alternatif lainnya, tenaga surya merupakan energi alternatif yang berpotensi paling besar. Sudah banyak lapisan masyarakat yang beralih ke energi panel surya. Hal ini menjadi bukti energi alternatif listrik tenaga surya sudah banyak diminati dan digunakan.

Tenaga surya berasa dari radiasi pada sinar matahari. Cara kerja sistemnya adalah sebagai berikut: panel surya akan mengubah radiasi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga surya ini bisa digunakan untuk mengoperasikan bermacam-macam benda seperti mobil listrik, lampu, komputer, dan sebagainya.

Mengapa Kita Membutuhkan Tenaga Surya Sebagai Sumber Listrik Alternatif?

1. Energi Listrik Konvensional dari Bahan Bakar Fosil yang Bisa Habis

Pemakaian energi fosil yang dihasilkan dari minyak bumi, gas alam, atau batu bara makin lama akan semakin terbatas karena persediaannya yang makin menipis. Manusia membutuhkan energi alternatif yang akan menggantikan sumber listrik dari bahan bakar fosil tersebut.

2. Sumber Energi Sangat Melimpah

Energi terbarukan sebagai energi alternatif berbeda dengan bahan bakar fosil. Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga surya sangat melimpah. Hal itu dikarenakan Indonesia merupakan negara tropis, sehingga di Indonesia sinar matahari sangat mudah ditemukan sepanjang tahun.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Sangat berbeda dengan energi listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil, energi listrik alternatif tidak menghasilkan karbon emisi pada atmosfer bumi sehingga mampu mencegah polusi.

Dengan begitu, dapat dikatakan energi terbarukan sebagai energi alternatif secara signifikan mampu meningkatkan kualitas udara suatu wilayah.

4. Mencegah Pemanasan Global (Global Warming)

Mengingat dampak pemanasan global atau global warming yang sudah semakin nyata dirasakan, sudah seharusnya energi terbarukan menjadi sumber energi utama.  Pemakaian bahan bakar fosil selama puluhan tahun ternyata menimbulkan pemanasan global dan perubahan iklim. 

Bahan bakar fosil juga menghasilkan gas rumah kaca. Gas rumah kaca membuat bumi menjadi lebih panas. Akibatnya, es kutub mencair dan menyebabkan permukaan laut naik. Oleh sebab itu, penggunaan energi bahan bakar fosil sudah seharusnya dihentikan atau dikurangi.

5. Energi Alternatif Akan Selalu Ada

Mengapa kita memerlukan energi alternatif? Salah satu alasannya adalah energi yang satu ini akan selalu ada. Anda tidak perlu takut atau khawatir energi tersebut habis. Seperti tenaga surya contohnya, selama matahari bersinar terang, energi tenaga surya bisa selalu dinikmati.

6. Lebih Hemat

Jika selama ini Anda merasa tagihan listrik terus membengkak, listrik yang dihasilkan dari energi alternatif akan menghemat tagihan listrik. 

7. Baik Untuk Iklim

Penggunaan bahan bakar minyak dengan bahan fosil pada berbagai kegiatan manusia menjadi penyebab utama perubahan iklim di dunia. Oleh sebab itu, beralih ke energi alternatif dapat menekan dampak perubahan iklim. 

SUN Energy: Solusi Energi Alternatif Tenaga Surya Terbaik di Indonesia

Jika Anda menginginkan solusi tenaga surya terbaik di Indonesia sebagai sumber energi alternatif, Anda dapat menggunakan jasa SUN Energy.  Perusahan pengembang tenaga surya terbesar di Indonesia yang satu ini berfokus kepada layanan sistem energi surya dan terus memperjuangkan pentingnya energi terbarukan yang terjangkau, andal, berkelanjutan, serta lebih ramah lingkungan. 

Solusi sistem tenaga surya SUN Energy mampu membuat Anda bisa lebih berhemat dalam membayar tagihan listrik, sekaligus berperan aktif dalam melestarikan lingkungan.  Sebagai perusahaan pengembang energi alternatif terbesar SUN Energy telah mengantongi proyek berkapasitas 280 MWP dalam kurun 6 waktu saja sejak pendiriannya.

Biaya Investasi Pemasangan Energi Alternatif Tenaga Surya dari SUN Energy

Bagaimana dengan biaya pemasangannya? Jangan khawatir karena SUN Energy menawarkan pembiayaan yang sangat kompetitif, inovatif, dan variatif. Pembiayaan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. SUN Energy memiliki tiga model atau macam pembiayaan yang terjangkau dan juga fleksibel. Selain itu SUN Energy menawarkan pembiayaan SUN Rental di mana Anda hanya butuh membayarkan baiya pemakaian per bulan tanpa adanya Down Payment/biaya awal.

Penutup

Kini Anda sudah tahu Mengapa kita memerlukan energi alternatif dan alasan mengapa energi tersebut penting bagi kehidupan manusia. Maka itulah, sudah siapkah Anda menggunakan energi listrik alternatif tenaga surya? Jangan salah pilih, percayakan hanya kepada pengembang sistem tenaga surya yang terbaik di kelasnya. SUN Energy merupakan perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya terbaik dan terbesar di Indonesia. Segera hubungi kontak SUN Energy untuk informasi lebih lanjut!