15 June 2021

Ini Dia 5 Cara Merawat Panel Surya Tetap Awet dan Memiliki Performa Maksimal!

Ini Dia 5 Cara Merawat Panel Surya Tetap Awet dan Memiliki Performa Maksimal!

Cara merawat panel surya – Merawat panel surya ini gampang-gampang susah, karena panel surya bersifat statis atau tidak berpindah-pindah. Tentunya agar dapat berfungsi secara efektif dan efisien, maka penting untuk melakukan perawatan secara menyeluruh dan berkala. 

Untuk mendapatkan performa panel surya yang maksimal, sebaiknya panel jangan sampai kotor. Hal yang harus Anda perhatikan adalah menjaga panel surya terbebas dari debu maupun kotoran yang dapat menghalangi sinar matahari. Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki potensi energi matahari sangat besar dengan insolasi harian rata-rata 4,5-4,8 KWh/m² / hari. Akan tetapi energi listrik yang dihasilkan panel surya sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari yang diterima oleh sistem.

Bila intensitas cahaya berkurang, jumlah foton per detik yang menembus sel juga akan berkurang. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat panel surya agar performa nya semakin maksimal. Berikut adalah cara merawat panel surya yang dapat Anda lakukan:

Cara Merawat Panel Surya 

 

Menjaga Panel Surya Agar Tetap Bersih

Cara pertama adalah Anda harus menjaga panel agar tetap bersih. Perawatan rutin ini wajib untuk dilakukan. Jika perlu, buat jadwal pembersihan secara berkala, misalnya harian, mingguan atau bahkan bulanan.

Harap diperhatikan bahwa panel surya yang Anda miliki harus terbebas dari ancaman debu, kotoran maupun objek lainnya. Hal tersebut dapat menghalangi intensitas cahaya matahari yang dijadikan sebagai sumber tenaga listrik kita.

Area pertama yang dapat Anda bersihkan adalah permukaan panel surya. Anda bisa mengecek bagian permukaannya apakah ada debu yang menempel atau tidak. Pastikan pula permukaan panel tersebut tidak ada kotoran yang menempel. Misalnya, ada bayangan pohon di sekitar rumah yang menghalangi panel surya Anda dapat menurunkan kinerja panel surya. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan survei terlebih dahulu sebelum pemasangan panel surya agar tidak ada objek yang menghalangi paparan sinar matahari.

Pembersihan permukaan panel surya ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat membeli pembersih khusus panel surya. Atau Anda dapat membuatnya sendiri dengan komposisi yang sederhana. Komposisi tersebut terdiri dari sabun cair, penyeka dan juga sikat. Alat yang digunakan hampir sama dengan pembersih kendaraan seperti mobil atau motor. Hal ini bisa Anda lakukan jika kesulitan mencari pembersih khusus panel surya tersebut.

Perhatikan Kabel Panel Surya

Dalam perawatan dan pembersihan panel surya penting bagi Anda untuk memperhatikan kabel panel surya. Kabel pada sistem instalasi dan puing-puing ini mungkin akan mengganggu sinar matahari. Jangan hanya terpaku pada permukaan panel surya saja, namun Anda harus cek bingkai maupun penyangga panel. Pastikan instalasi terpasang secara tepat dan lakukan perbaikan jika terdapat kesalahan. Hal yang paling penting adalah jangan sampai terdapat celah air masuk ke dalam sistem instalasi karena dapat menyebabkan korosi dan membuat panel surya tidak bertahan lama.

Sikat dari Bahan Halus

Cara merawat panel surya yang bisa dilakukan selanjutnya adalah gunakan sikat dari bahan yang halus. Anda bisa memanfaatkan kain lap pel atau kanebo, sebab jika panel surya tersebut tergores dapat menyebabkan kinerja panel surya kurang maksimal. Hal ini juga berpengaruh terhadap efektivitas panel surya dalam menyerap paparan sinar matahari sebagai sumber energi yang utama.

Seka Panel Surya Saat Masih Basah

Jangan biarkan panel surya Anda mengering dengan sendirinya. Anda harus segera menyeka dengan bersih. Setelah itu, langsung keringkan sebelum mengering dengan sendirinya. Gunakan penyeka berbahan halus agar tidak menimbulkan goresan pada panel surya. Jika air mengering karena sinar matahari, tentu hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan performa dari panel surya tersebut karena air akan membekas di permukaan panel surya.

Lakukan Perawatan Pada Pagi atau Sore Hari

Lakukan perawatan panel surya pada pagi atau sore hari. Pada siang hari, panel surya dalam kondisi panas dan tengah bekerja menyerap panas secara maksimal. Hal ini dapat mengganggu Anda saat pembersihan. Lakukan pada pagi atau sore hari di saat sinar matahari sedang tidak terik.

Dengan perawatan yang baik dan benar, panel surya Anda dapat lebih awet dan memiliki performa yang maksimal. Panel surya merupakan solusi tepat bagi Anda untuk penghematan energi dan juga tagihan listrik bulanan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan panel surya, Anda bisa menggunakan produk dari SUN Energy. 

SUN Energy berpengalaman untuk memberikan solusi terintegrasi, mulai dari konsep hingga konstruksi seperti penentuan lokasi dan perizinan proyek, beragam model pembiayaan termasuk penyewaan panel surya bagi para pelanggan sampai dengan DP 0% bagi para pelanggan. SUN Energy juga menawarkan jasa pemeliharaan setelah pemasangan sistem tenaga surya serta garansi sampai 25 tahun. Semoga cara merawat panel surya yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat. Jadi, tunggu apalagi? Anda dapat segera menghubungi tim SUN Energy sekarang juga untuk mendapatkan informasi mengenai pemasangan panel surya.