12 March 2022

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Panel Surya

Sudahkah Anda tahu apa saja keuntungan menggunakan panel surya? Jika belum artikel ini akan memberikan informasi lengkap untuk Anda. 

Tenaga surya merupakan salah satu energi alternatif, dan pemakaiannya melalui panel surya kini tengah menjadi tren. 

Panel surya menjadi teknologi pada masa depan dengan memaksimalkan cahaya matahari sebagai sumber energi listrik di rumah. 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengaplikasikan panel surya, yang paling terasa adalah penghematan energi dan menghilangkan ketergantungan akan energi fosil.

Kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini memiliki ketergantungan dengan energi listrik PLN yang bahan bakarnya dari batu bara. 

Dalam beberapa tahun, batu bara tersebut akan habis dan tidak bisa diperbarui, sehingga mau tidak mau masyarakat harus mencari energi alternatif yang berlimpah dan tidak akan habis seperti energi surya. 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu panel surya dan manfaatnya, simak yuk!

Apa itu Panel Surya?

Sebelum kita membahas apa saja keuntungan menggunakan panel surya, ada baiknya untuk mengetahui apa itu panel surya. 

Panel surya merupakan kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. 

Dalam sel surya sendiri memiliki berbagai komponen seperti photovoltaic atau komponen yang bisa mengubah menjadi listrik.

Apa Saja Fungsi Panel Surya? 

1. Pembangkit Listrik

Panel surya memiliki fungsi sebagai pembangkit listrik, yang biasa dipasang di atap bangunan atau tanah.

Ada dua cara atau metode yang bisa dilakukan untuk membangkitkan listrik tenaga surya. Pertama menggunakan teknologi photovoltaic dan kedua dengan memusatkan energi surya. 

Melalui prinsip kerja photovoltaic, panel surya mampu mengubah cahaya menjadi listrik secara langsung dengan efek bernama fotolistrik.

Sedangkan, memusatkan energi surya yang umumnya menggunakan lensa maupun cermin yang sudah dikombinasikan dengan sistem pelacak. 

Tujuannya agar energi matahari tersebut bisa di satu titik sehingga energi tersebut mampu menggerakan mesin panas atau kalor.

2. Pompa Air

Jika selama ini Anda berpikir bahwa panel surya hanya bisa diterapkan sebagai pembangkit listrik di bangunan saja, ternyata panel surya juga bisa diaplikasikan untuk melistriki pompa air. 

Penggunaan panel surya bisa dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak pada pompa air dengan yang sumber listriknya berasal dari sinar matahari. 

Cara tersebut biasanya digunakan di daerah pedalaman dan sulit dijangkau oleh listrik. Menarik, bukan?

3. Lampu Penerangan Jalanan Umum atau PJU

Tahukah Anda? Lampu-lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang dipasang di jalan umum ternyata ada yang dilistriki oleh panel surya. 

Anda bisa menemukan PJU tenaga surya di beberapa tempat, seperti di tol, jalan utama, halte bus, SPBU, dan masih banyak lagi. 

PJU pun juga sangat cocok diaplikasikan di daerah yang kurang penerangan sehingga pengendara akan merasa lebih aman saat pulang malam. Hal ini mampu mengurangi tingkat kecelakaan di jalan.

Keuntungan Menggunakan Panel Surya

1. Multifungsi

Apa saja keuntungan menggunakan panel surya? Kentungan pertama yaitu panel surya bersifat multifungsi. Dalam artian, panel surya tidak hanya dijadikan sebagai penghasil tenaga listrik saja, namun juga bisa dijadikan sebagai penghasil panas atau yang biasa disebut sebagai solar thermal. 

Solar thermal dalam skala kecil biasa digunakan untuk rumah. Pada umumnya, alat ini banyak digunakan sebagai penghangat ruangan, pemanas air sampai penghangat air kolam renang.

2. Minim Biaya Pemeliharaan

Perawatan panel surya tidak rumit dan tidak berlebihan. Cara perawatannya sangat mudah, Anda hanya cukup membersihkannya secara berkala setiap bulan dengan cara membersihkan permukaan panel surya dengan pembersih khusus panel surya dan pastikan tidak ada debu menempel. 

Jika dirawat dan dibersihkan dengan baik, perangkat panel surya tetap berfungsi dengan baik. Perawatan yang dilakukan tidak rutin, membuat panel surya akan berumur pendek. 

Pada umumnya, panel surya memiliki masa pakai hingga puluhan tahun. Namun, jika tidak terawat masa pakai bisa jauh lebih pendek, yaitu kurang dari 25 tahun.

3. Tagihan Listrik Jadi Lebih Hemat

Keuntungan menggunakan panel surya selanjutnya yang paling terasa adalah Anda bisa menghemat tagihan listrik. 

Dengan panel surya, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya listrik yang kian membengkak setiap akhir bulan. Hal itu karena panel surya bisa menghasilkan energi sendiri dengan mengubah cahaya matahari kemudian dikonversikan menjadi energi listrik. 

Dengan menggunakan panel surya, Anda tidak akan memiliki ketergantungan dengan listrik dari PLN karena Anda sudah mendapatkan energi listrik dari sinar matahari langsung.

4. Cocok untuk Segala Iklim

Panel surya sangat cocok untuk segala iklim. Anda tidak perlu tinggal di negara dengan padang pasir untuk mendapatkan cahaya matahari yang maksimal. 

Nyatanya, di negara tropis seperti di Indonesia pun energi dari sinar matahari tetap bisa Anda dapatkan secara maksimal.

5. Memiliki Cadangan Listrik Meski Tidak Ada Sinar Matahari

Selama ini, masih banyak orang berpikir bahwa energi dari panel surya hanya bisa dimanfaatkan saat siang hari dan cuaca terik saja. Padahal energi listrik yang dihasilkan dari cahaya matahari ini bisa juga digunakan saat malam hari. 

Hal itu karena daya listrik sudah tersimpan di dalam baterai, sehingga bisa digunakan kapanpun Anda mau. 

Menariknya lagi, saat mati listrik pun bangunan Anda akan tetap teraliri listrik karena tidak bergantung pada listrik PLN. 

Namun perlu diingat bahwa, hal ini hanya berlaku jika ada cadangan baterai yang terpasang di bangunan Anda.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan panel surya, Anda secara tidak langsung akan berkontribusi positif terhadap lingkungan. Pasalnya, panel surya merupakan teknologi yang ramah lingkungan. 

Tidak bisa dibantah lagi bahwa saat ini suhu bumi terus meningkat dan pemanasan global tidak bisa terelakkan lagi. 

Beralih menggunakan panel surya bisa menjadi langkah yang tepat untuk menyelamatkan bumi. 

Terlebih lagi, Indonesia masih memiliki ketergantungan dengan energi listrik PLN yang berasal dari pembakaran batu bara. 

Nah, pembakaran inilah yang membuat energi tersebut tidak ramah lingkungan karena bisa menyebabkan pencemaran dan membuat suhu bumi semakin panas. 

 

Penutup

Itulah informasi tentang fungsi, manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari panel surya. 

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, Anda bisa mempercayakan pemasangan panel surya di bangunan Anda dengan SUN Energy.

SUN Energy sudah sangat terpercaya, berpengalaman dan tentunya mampu memberikan solusi terintegrasi terkait tenaga surya. 

Dengan memilih model pembiayaan DP 0%, Anda sudah bisa mendapatkan panel surya di bangunan industri atau komersial. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut: SUN Energy DP 0%     
 

Segera hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, melalui: 

Whatsapp: http://wa.me/+62881012251888

Email: marketing@lifewithsun.com