Auto Draft

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan istilah energi terbarukan. Energi terbarukan merupakan sebuah energi yang lebih mengacu pada proses alam. Untuk Anda yang penasaran dan ingin mengetahuinya lebih lanjut, kali ini akan diulas lebih lanjut tentang energi terbarukan dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Simak selengkapnya berikut ini.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan sebuah energi yang mengacu pada proses alam dan terjadi secara berkelanjutan. Untuk konsep energi satu ini telah dikenal sejak tahun 1970-an. Pengenalan energi terbarukan hadir dengan tujuan untuk mengimbangi dari adanya perkembangan pesat energi berbahan bahan bakar dasar nuklir dan fosil. Energi terbarukan yang berasal dari panas bumi, tenaga surya, angin, arus air, merupakan contoh dari energi yang bersumber secara alami dengan proses yang berkelanjutan.

Perkembangan energi terbarukan di Indonesia dapat dikatakan cukup pesat beberapa tahun belakangan ini. Indonesia merupakan salah satu dari 195 negara yang menandatangani Kesepakatan Paris (Paris Agreement) dan satu dari 164 negara ditambah Uni Eropa, yang meratifikasinya. Dengan komitmen internasional ini, Indonesia memiliki target nasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sampai dengan 29% dari kondisi business as usual di tahun 2030 dengan usaha sendiri dan lebih jauh sebesar 41% dengan bantuan internasional. Komitmen ini mensyaratkan Indonesia untuk konsisten dalam mengembangkan energi terbarukan.

 

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Energi Terbarukan

Renewable Energy

Mengapa Anda harus menggunakan energi terbarukan? Mungkin pertanyaan tersebut sering kali terlintas di benak Anda. Jawabannya tentu saja sangat mudah, karena energi terbarukan disinyalir jauh lebih hemat dibandingkan energi konvensional atau fosil. Mari ambil contoh yakni Pulau Seram yang berlokasi di Maluku. 

Saat ini, kebutuhan energi yang ada di Pulau Seram sebagian besar didapatkan dari tenaga diesel. Namun, ketika ingin menyalurkan solar, biayanya lebih mahal dan memiliki resiko yang tinggi. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi dengan energi terbarukan menggunakan tenaga hidro dan surya dapat lebih mempermudah.

Dengan adanya energi terbarukan, Anda dapat menjadikannya sebagai satu pilihan yang lebih dapat diandalkan dari segi kinerja dan dampak positif terhadap lingkungan. Terlebih lagi, energi terbarukan juga sudah terbukti dapat digunakan di segala sektor, baik perumahan dan industri serta di berbagai lokasi, mulai dari daerah yang sudah terintegrasi dengan jaringan listrik nasional sampai dengan di daerah yang tidak memiliki jaringan listrik nasional / daerah terpencil di Indonesia.

 

Manfaat Menggunakan Teknologi Terbarukan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Terdapat banyak manfaat yang dapat Anda miliki dengan menggunakan energi terbarukan. Tidak hanya dari segi ekonomis, karena penggunaan energi terbarukan juga lebih efisien, tetapi juga dalam jangka panjang memiliki dampak positif terhadap lingkungan, yaitu menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Energi terbarukan memiliki sumber alami, sehingga energi ini akan selalu mendapatkan pasokan yang berkelanjutan, ramah lingkungan dan secara gratis.

 

Jenis Jenis Energi Terbarukan

Auto Draft

  1. Biomassa

Biomassa adalah sumber energi primer yang dihasilkan dari kekayaan alam berupa vegetasi hutan tropika. Biomassa bisa diubah menjadi listrik atau panas dengan proses teknologi yang sudah mapan. Sumber energi ini, umumnya akan digunakan untuk menghasilkan bahan bakar bio atau yang kerap kali disebut dengan biofuel seperti bioetanol, biogas, tergantung pada sumbernya. Umumnya, sumber energi biomassa berasal dari organisme atau proses metabolisme pada hewan, seperti kotoran.

  1. Tenaga Angin

Secara umum Indonesia masuk kategori negara tanpa angin, mengingat bahwa kecepatan angin minimum rata-rata yang secara ekonomis dapat dikembangkan sebagai penyedia jasa energi adalah 4 m/dt. Namun, terdapat beberapa wilayah dimana sumber energi angin kemungkinan besar layak dikembangkan, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan dan Tenggara, Pantai Utara dan Selatan Jawa dan Karimun Jawa. Sejak lama, angin memang telah dijadikan sebagai penggerak utama untuk memutar turbin maupun kincir angin yang nantinya akan bermanfaat untuk menghasilkan energi kinetik maupun energi listrik.

  1. Energi Surya

Energi surya menjadi energi baru dan terbarukan yang terkenal dan telah banyak dilirik oleh masyarakat, pebisnis bahkan pemerintah. Saat ini, energi matahari telah banyak dimanfaatkan sebagai alternatif sumber listrik. Indonesia memiliki iklim tropis dan berada di jalur khatulistiwa, sehingga radiasi surya tersedia hampir merata sepanjang tahun.

Penggunaan energi matahari dapat didukung dengan panel surya. Panel surya dapat menyerap panas, menyimpannya dan mengkonversinya menjadi sumber listrik. Untuk penyerapan sinar matahari yang maksimal, PLTS disarankan dapat dipasang di atas atap. 

Energi dari panas dan cahaya matahari yang telah diubah menjadi energi listrik, dapat langsung digunakan atau disimpan ke dalam baterai. Sumber listrik ini dapat langsung digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti penerangan dan mengoperasikan alat-alat elektronik. Sinar matahari sendiri merupakan sumber energi tidak terbatas. Energi yang dihasilkan juga begitu besar sehingga energi listrik yang dihasilkan juga maksimal.

Dengan mengetahui manfaat dari teknologi terbarukan ini, tak ada salahnya untuk mulai menggunakan teknologi sistem tenaga surya. Salah satunya seperti memasang solar panel dari SUN Energy. Selain ramah lingkungan, penggunaan panel surya dapat menghemat biaya listrik sampai dengan 30% sejak hari pertama. Hubungi SUN Energy sekarang untuk mengetahui lebih lanjut mengenai skema DP 0% panel surya untuk kebutuhan dan bisnis Anda.

 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.