7 Macam Energi Alternatif yang Wajib Anda Tahu!

Macam-macam energi alternatif – Energi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama adalah terbarukan dan yang kedua adalah tidak terbarukan. Pada dasarnya, energi terbarukan ini disebut sebagai energi alternatif. Apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif? Sumber energi alternatif merupakan istilah yang merujuk pada semua energi yang dapat menggantikan bahan bakar konvensional.

Umumnya, energi alternatif digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang memiliki dampak buruk untuk lingkungan. Hal itu dikarenakan emisi karbondioksida yang dihasilkan cukup tinggi dan memicu pemanasan global.

Terdapat banyak macam-macam energi alternatif yang harus Anda tahu. Selain dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan energi konvensional, energi alternatif juga dapat mengurangi kerusakan lingkungan. Nyatanya, energi bersih memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Dengan beralih menggunakan energi alternatif, penggunaan energi konvensional sebagai sumber listrik dapat dikurangi. Lalu, Sebutkan macam macam energy listrik? Apa saja yang termasuk dalam energi alternatif? Contoh energy alternatif di Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini:

 

Macam – Macam Energi Alternatif

7 Macam Energi Alternatif yang Wajib Anda Tahu!

1. Energi Biomassa

Salah satu energi alternatif yang terkenal di kalangan masyarakat adalah biomassa. Biomassa merupakan bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik. Contoh biomassa di antaranya adalah tanaman, pepohonan, rumput, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak. Biomassa juga dapat digunakan sebagai sumber energi (bahan bakar) yang dapat diperbarui dan berkelanjutan.

 

2. Energi Air

Salah satu contoh energy alternatif lainnya adalah air. Energy air Merupakan sumber energi yang dihasilkan dari kekuatan air. Untuk menghasilkan energi air, bendungan dibuat untuk menampung air dan akan dihubungkan dengan pipa yang diarahkan ke turbin. Semakin banyak air mengalir, semakin besar energi yang dapat dihasilkan. Energi ini sangat bergantung terhadap pasokan air, sehingga saat musim kemarau kinerja nya menjadi kurang maksimal.

 

3. Energi Angin

Macam-macam energi alternatif selanjutnya adalah angin. Sesuai dengan namanya, energi ini didapatkan dari kekuatan angin. Sumber energi dihasilkan dari hembusan angin yang diolah kemudian dikumpulkan dalam satu energi yang besar. Energi angin dihasilkan dengan kincir angin. Jika dilihat, kincir angin tersebut bergerak lambat, namun energi yang dihasilkan begitu besar. Energi angin juga dapat dijadikan sebagai sumber listrik jika disambungkan dengan generator.

 

4. Energi Panas Bumi

Energi yang satu ini memanfaatkan daya panas namun dari dalam bumi. Letak geografis Indonesia dengan memiliki banyak pegunungan menjadi keuntungan karena aktivitas vulkanik bisa dimanfaatkan untuk mengolah energi panas bumi. Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah yang memiliki potensi tinggi dalam pengembangan sumber daya energi panas bumi. Pulau ini memiliki 16 titik panas bumi. Energi panas bumi di pulau ini dapat dikembangkan menjadi energi listrik maupun non listrik.

 

5. Etanol

Energi etanol dihasilkan dari proses fermentasi tanaman, seperti jagung maupun gandum. Energi yang dihasilkan merupakan bahan bakar dengan kandungan alkohol. Produksi energi etanol dalam jumlah banyak dapat ditemukan di Brazil dan telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan. Indonesia juga sudah memiliki produksi etanol, yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

 

6. Energi Gelombang

Gelombang menjadi salah satu energi alternatif terbarukan. Energi ini dihasilkan dari gelombang laut pasang. Karena Indonesia memiliki banyak kepulauan yang dikelilingi lautan, Indonesia memiliki potensi sempurna untuk bisa mengembangkan energi dari gelombang.

Meski potensi tinggi, namun energi jenis ini memiliki kendala tersendiri, yaitu kecepatan ombak yang tidak stabil sehingga akan mempengaruhi proses energi yang dibutuhkan. Bahkan, biaya yang harus dikeluarkan untuk energi ini cukup besar terutama dalam membangun reaktornya.

 

7. Energi Matahari

Yang terakhir ada energi matahari. Energi matahari menjadi energi baru dan terbarukan yang terkenal dan telah banyak dilirik oleh masyarakat, pebisnis bahkan pemerintah. Saat ini, energi matahari telah banyak dimanfaatkan sebagai alternatif sumber listrik. Seperti namanya, energi ini memanfaatkan sinar dan juga panas dari matahari.

Indonesia memiliki iklim tropis dan berada di jalur khatulistiwa, sehingga energi matahari menjadi banyak pilihan masyarakat sebagai sumber energi alternatif. Penggunaan energi matahari dapat didukung dengan panel surya. Panel surya dapat menyerap panas, menyimpannya dan mengkonversinya menjadi sumber listrik. Untuk penyerapan sinar matahari yang maksimal, PLTS disarankan dapat dipasang di atas atap.

Energi dari panas dan cahaya matahari yang telah diubah menjadi energi listrik, dapat langsung digunakan atau disimpan ke dalam baterai. Sumber listrik ini dapat langsung digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti penerangan dan mengoperasikan alat-alat elektronik. Sinar matahari sendiri merupakan sumber energi tidak terbatas. Energi yang dihasilkan juga begitu besar sehingga energi listrik yang dihasilkan juga maksimal.

 

PENUTUP

Energi alternatif sinar matahari memiliki banyak manfaat dan menguntungkan. Selain dapat menghemat tagihan listrik bulanan, energi matahari juga sangat ramah lingkungan. Anda dapat menghubungi SUN Energy untuk mendapatkan solusi penghematan biaya listrik menggunakan energi baru dan terbarukan. Hemat biaya listrik sejak hari pertama dengan menggunakan panel surya. Hubungi SUN Energy sekarang untuk mengetahui lebih lanjut DP 0% panel surya untuk kebutuhan dan bisnis Anda.

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.