INFO LENGKAP : Fungsi Inverter Pada Panel Surya

INFO LENGKAP : Fungsi Inverter Pada Panel Surya

Sudahkah Anda tahu apa saja fungsi inverter pada panel surya? Jika belum artikel ini akan memberikan informasi lengkap kepada Anda. 

Mungkin istilah inverter sudah sering Anda dengar dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja pengertian dan fungsinya belum banyak yang mengetahuinya. Nah, inverter merupakan komponen paling kompleks dan memiliki fungsi paling penting dari panel surya. 

Panel surya sendiri merupakan satu atau bagian dari sistem listrik tenaga surya pada PLTS. Tanpa adanya inverter, maka tidak akan terjadi proses energi surya menjadi energi listrik yang telah dihasilkan oleh panel surya. 

Lalu apa sih inverter itu? Dan apa saja fungsi inverter pada panel surya tersebut? Yuk simak pada artikel di bawah ini!

 

Apa Itu Inverter Pada Panel Surya?

Sebelum Anda mengetahui fungsi inverter pada panel surya, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian inverter lebih dahulu. 

Inverter pada PLTS merupakan komponen atau alat pada sistem panel surya. Inverter bisa mengubah arus DC yang dihasilkan panel surya menjadi arus listrik AC. 

Nah, hampir semua peralatan pada rumah tangga seperti AC, TV, Kulkas, Charge HP, dan sebagainya menggunakan arus listrik AC. 

Saking pentingnya, inverter disebut otak dari keseluruhan sistem panel surya. Sebagai informasi, inverter pada sistem panel surya ini akan menghasilkan arus listrik DC. Agar arus listrik tersebut bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, Anda bisa menggunakan alat yang bernama inverter tersebut.

 

Apa Saja Fungsi Inverter Panel Surya?

  • Mengubah Arus

Fungsi inverter pada panel surya yang pertama adalah mengubah arus listrik. Tanpa adanya inverter, panel surya tidak bisa digunakan karena arus listriknya masih DC alias searah. 

Agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari, arus DC harus diubah menjadi arus bolak balik atau AC.

  • Impor Kelebihan Daya

Fungsi inverter pada panel surya selanjutnya adalah impor kelebihan daya yang dihasilkan oleh sistem panel surya yang dihasilkan ke jaringan PLN. 

Nah, daya inilah yang kemudian digunakan saat panel surya tersebut berhenti saat malam hari. Selain itu, beberapa inverter akan melakukan charge ke baterai sistem panel surya On Grid dan baterai Off Grid atau Stand Alone.

  • Menstabilkan Tegangan

Fungsi selanjutnya adalah untuk menstabilkan tegangan. Daya yang terisi pada baterai harus berada di tegangan yang optimal agar bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Selain itu, inverter akan memungkinkan Anda untuk bisa melihat kinerja sistem energi tenaga surya yang ada. 

  • Ekspor Listrik

Pada beberapa jenis inverter yang paling baru memiliki fungsi melakukan ekspor listrik ke jaringan yang ada atau grid. 

Nah, pada beberapa model, inverter memiliki fungsi yang jauh lebih kompleks. Fungsi tersebut adalah memantau kinerja sistem PLTS secara keseluruhan. 

Secanggih apapun sistem panel surya tetap membutuhkan inverter. Tujuannya agar listrik yang dihasilkan mampu berfungsi dengan baik.

 

INFO LENGKAP : Fungsi Inverter Pada Panel Surya

 

Pentingnya Memiliki Inverter Panel Surya

Setelah melihat beberapa fungsi inverter pada panel surya di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa inverter pada panel surya ini sangat penting. 

Mengapa demikian? Alasannya karena tanpa adanya inverter, panel surya yang Anda miliki tidak bisa berfungsi seperti yang Anda harapkan. 

Tanpa adanya inverter, panel surya hanya akan menghasilkan arus listrik DC dan tidak bisa berubah menjadi AC. Padahal yang dibutuhkan untuk peralatan elektronik rumah tangga seperti AC, TV, kulkas dan sebagainya adalah listrik AC.

Inverter merupakan jantung bahkan otaknya PLTS. Tegangan DC dari panel surya cenderung tidak konstan dengan tingkat radiasi matahari, kemudian oleh inverter tegangan tersebut diubah menjadi tegangan AC yang lebih konstan. 

Bahkan, tegangan tersebut siap disambungkan pada sistem yang ada misalnya jaringan PLN. Parameter maupun arus yang dikeluarkan oleh inverter sudah disesuaikan dengan standar baku nasional maupun internasional lho.

 

Mari Bekerjasama dengan SUN Energy, Pengembang Proyek Sistem Tenaga Surya Terbaik

Jangan sampai salah pilih, pastikan Anda berkolaborasi dengan  pengembang proyek PLTS  no. 1 di Indonesia, yaitu SUN Energy. 

Dengan DP 0%, Anda sudah bisa menikmati sistem tenaga surya di berbagai bangunan berskala besar, seperti kantor, pabrik, gedung dan lain sebagainya. 

Dengan adanya sistem tenaga surya di bangunan Anda, bisa membuat tagihan listrik Anda lebih hemat loh!, Sehingga Anda bisa mengalokasikan uang tersebut untuk  kebutuhan lainnya. 

Tidak hanya itu, sistem tenaga surya lebih ramah lingkungan sehingga bisa menekan dampak  dari pencemaran lingkungan yang efeknya sangat mengerikan di masa mendatang. 

Tenaga surya juga tidak memiliki efek atau dampak negatif, sehingga aman digunakan meski dalam jangka panjang sekalipun.

 

Mengapa SUN Energy?

Mengapa harus menggunakan jasa SUN Energy? Alasannya karena perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya yang satu ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan yang lainnya. 

Selain menjadi pengembang proyek sistem tenaga surya terbesar di Indonesia, SUN Energy memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini:

  • Terpercaya

Salah satu alasan mengapa Anda harus mempercayakan tenaga surya Anda pada SUN Energy karena terpercaya. Dengan jaminan sistem selama 25 tahun, SUN Energy mampu memberikan pelayanan terbaik kepada Anda. 

  • Menyediakan Produk Berkualitas Tinggi

SUN Energy mengutamakan kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk yang berkualitas tinggi. Semua ahli teknis memiliki sertifikat dan memiliki kualitas yang bisa mengoptimalkan produktivitas dengan biaya yang rendah.

  • Model Biaya Inovatif

SUN Energy memiliki tiga model pembiayaan yang sangat terjangkau dan fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Bahkan SUN Energy juga memberlakukan skema zero investment yaitu tanpa uang muka.

Klik link berikut untuk info lengkap tentang model pembiayaan inovatif dari SUN Energy: https://sunenergy.id/id/dp-0/ 

 

Penutup

Demikianlah beberapa fungsi inverter pada panel surya yang menarik untuk diketahui.

Untuk Anda yang ingin memiliki produk panel surya yang berkualitas tinggi, maka SUN Energy adalah solusi terbaiknya. 

Hubungi tim SUN Energy sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2022 SUN Energy. All rights reserved.

Document