SUN Energy Menjajal Proyek Teknologi Panel Surya di Universitas, Kali Ini Bersinergi dengan SV UGM

Para pemimpin dunia termasuk dari negara Indonesia, telah melakukan pertemuan sejak tahun 2015 untuk mencanangkan program SDGs (Sustainable Development Goals) atau pembangunan berkelanjutan, sebagai ambisi pembangunan bersama selama 15 tahun ke depan sampai tahun 2030.

SDGs tersebut merupakan rencana aksi global nyata yang memiliki tujuan untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat, dan melindungi lingkungan dari perubahan iklim. Perubahan iklim sendiri saat ini memang telah menjadi ancaman yang semakin nyata bagi dunia.

Salah satu gerakan mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mengatasi ancaman perubahan iklim, diantaranya melalui penggunaan energi alternatif terbarukan yang dapat mengurangi emisi karbon. Pemerintah Indonesia bahkan berkomitmen untuk memenuhi target bauran energi terbarukan sampai dengan 23%, agar dapat menghadapi perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi.

Untuk berkontribusi dalam mewujudkan komitmen pemerintah tersebut, tentunya dibutuhkan sinergi dari multi stakeholders. Seperti pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, maupun berbagai institusi pendidikan. Oleh karena itu, PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) yang merupakan salah satu pengembang sistem tenaga surya, berkomitmen untuk bekerja sama dengan berbagai universitas di seluruh Indonesia demi merealisasikan kampus merdeka energi.

Kali ini, SUN Energy berkesempatan untuk bekerja sama dengan SV UGM (Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada) dalam pengembangan teknologi energi baru terbarukan yang diharapkan dapat mencetak para generasi muda dalam mengembangkan energi alternatif atau energi hijau, khususnya tenaga surya sebagai sumber energi listrik. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, selaku Dekan SV UGM pun mengharapkan sinergi antara pihak perguruan tinggi dan SUN Energy bisa dilaksanakan secepatnya.

SUN Energy Menjajal Proyek Teknologi Panel Surya di Universitas, Kali Ini Bersinergi dengan SV UGM

Kerjasama yang dilakukan sesuai dengan nilai-nilai Tridharma perguruan tinggi, dan nantinya akan menghadirkan kegiatan belajar mengajar dengan dosen praktisi langsung dari pihak SUN Energy. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan kurikulum baru yang berkaitan dengan energi hijau yang terbarukan.

SUN Energy sendiri sangat mendukung setiap lembaga pendidikan yang memiliki antusiasme tinggi dalam menciptakan energi bersih serta ramah lingkungan. 

“Perwujudan kerjasama ini terdiri dari empat poin, yaitu implementasi pembangunan PLTS sebagai energi alternatif di bangunan kampus, pengembangan Tempat Uji Kompetensi dan Lembaga Sertifikasi Profesi di sektor energi tenaga surya, peningkatan pengetahuan melalui kuliah umum dengan dosen tamu dari SUN Energy satu bulan sekali, penyerapan tenaga sumber daya manusia menjadi karyawan magang, hingga  pengabdian masyarakat di daerah KKN,” tutup Garry Perdana selaku Direktur SUN Energy.

sun energy nota kesepahaman

Penandatangan nota tersebut mengawali serangkaian kegiatan selama satu bulan ke depan, yang merupakan bagian dari perayaan HUT ke-5 SUN Energy semenjak pertama kali berdiri pada tahun 2016. Urgensi penggunaan energi baru yang terbarukan menjadi semakin terasa di dalam negeri melalui kerjasama yang dilakukan oleh SV UGM dan SUN Energy ini.

Penyediaan energi bersih dengan mengandalkan energi surya saat ini memang bisa menjadi salah satu langkah yang paling tepat dan mudah. Bahkan menurut Fabby Tumiwa, Ketua Umum AESI (Asosiasi Energi Surya Indonesia), setiap 1 GW yang dihasilkan dapat membuka hingga 20.000 sampai 30.000 lapangan kerja dan transisi energi hijau sampai tahun 2050 mendatang.

Mengingat potensi tenaga surya yang begitu melimpah dan sudah tersedia secara gratis dari lingkungan alam, pemerintah berharap bahwa energi baru terbarukan tersebut dapat memberi tambahan dalam penggunaan pembangkit listrik sesuai grand strategy energi nasional 2020 – 2035. Diharapkan pula bahwa kerjasama yang diinisiasi oleh SV UGM dan SUN Energy selanjutnya dapat dilakukan oleh 2.200 institusi pendidikan lainnya.

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terbarukan (RESCO) terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada sistem energi surya, SUN Energy terus memperjuangkan pentingnya energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk semua.


Sangkalan

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.