Indonesia terus berbenah agar dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah vokasi. SUN Energy sebagai perusahaan energi hijau turut memberikan dukungan dengan terlibat langsung dalam program revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Surakarta. Salah satu diantaranya yaitu melalui program pemasangan atap surya berkapasitas 6,3 kWp di SMKN 2 Surakarta dan 5,4 kWp di SMKN 6 Surakarta.

Melalui pemasangan atap surya di 2 SMK tersebut, dapat membantu mengurangi emisi karbon sebesar 12,9 ton CO2 selama setahun. Melalui pemasangan atap surya ini juga kedua sekolah tersebut telah memberikan kontribusi dalam pemanfaatan energi bersih yang ramah lingkungan. 

Peresmian Program Revitalisasi Sekolah

Dalam peresmian program revitalisasi sekolah ini, turut hadir pula diantaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, jajaran direksi SUN Energy serta pihak lain yang terlibat dalam program revitalisasi tersebut. 

Head of Marketing SUN Energy Anggita Pradipta menjelaskan bahwa pihak SUN Energy berkomitmen untuk terus mendorong penggunaan energi surya, serta mengembangkan kolaborasi dengan pihak-pihak kompeten untuk mempercepat terciptanya bauran energi 23% di tahun 2025. 

Selain itu Anggita Pradipta juga menjelaskan bahwa sekolah merupakan salah satu komponen yang  memiliki peranan penting dalam menciptakan energi ramah lingkungan, sekaligus mampu mengubah pola hidup anak muda dalam menggunakan energi. 

SUN Energy melalui Anggita Pradipta juga menambahkan bahwa SUN Energy akan terus mengajak lembaga pendidikan, baik itu perguruan tinggi, SMA, SMK, atau institusi pendidikan lainnya untuk mulai beralih menggunakan EBT terutama PLTS yang berfungsi sebagai sumber energi dalam bangunan. 

Tujuan lain yang diharapkan dari pemasangan atap surya adalah mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan melahirkan talenta muda yang ingin mengembangkan dan meniti karir di industri PLTS yang ramah lingkungan. Tentu saja hal ini sejalan dengan harapan Menristek Nadiem Makarim yang mengharapkan agar program serupa dapat diikuti dan dilaksanakan di SMK lainnya

Kedepannya Nadiem pun berharap agar kerjasama yang telah terjalin antara SMK dengan mitra usaha dan mitra industri dapat menghasilkan berbagai macam inovasi baru guna menjawab tantangan di masa kini dan masa yang akan datang.

Tentang SUN Energy

PT Surya Utama Nuansa atau yang lebih dikenal dengan SUN Energy merupakan perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang proyek sistem tenaga surya. Sejak berdiri tahun 2016 lalu atau selama 4 tahun terakhir, SUN Energy telah berhasil menjalankan proyek tenaga surya sebesar 50 MWp. 

SUN Energy memiliki pengalaman dalam pemasangan panel surya di daerah perumahan, pabrik, gedung perkantoran,  kampus, hotel, pusat perbelanjaan, pom bensin, perkebunan, area pertambangan hingga ke daerah pelosok terpencil yang belum terjangkau listrik.

Dipercaya oleh salah satu perusahaan blue chip di Indonesia, SUN Energy bekerja sama dengan mitra teknologi terdepan guna memberikan produk yang aman, efisien serta berkualitas. SUN Energy juga dapat berperan sebagai mitra jangka panjang dengan memberikan solusi terintegrasi. Mulai dari konsep, desain, konstruksi meliputi penentuan lokasi dan perizinan proyek, beragam model pembiayaan, hingga penyediaan pemeliharaan sistem tenaga surya berhasil terpasang.  

SUN Energy memegang komitmen untuk terus bisa menyediakan akses energi bersih baru dan terbarukan sehingga para pelanggan mendapatkan efisiensi energi dan penghematan biaya dari kenaikan tarif listrik setiap tahunnya.

Related Post

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terbarukan (RESCO) terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada sistem energi surya, SUN Energy terus memperjuangkan pentingnya energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk semua.


Sangkalan

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.