Penandatanganan Kerjasama KIIC dan SUN Energy

Kerja Sama Karawang International Industrial City (KIIC) dan SUN Energy untuk Wujudkan Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Jakarta, 15 November 2021 – Menindaklanjuti penandatanganan komitmen untuk mengatasi perubahan iklim pada Paris Agreement tahun 2015, gelaran ‘Conference Of Parties’ atau COP ke-26 di Glasgow pada bulan November 2021 masih membahas poin-poin penting terkait kondisi darurat iklim global. Delegasi dari berbagai negara diharapkan dapat menunjukkan komitmen seriusnya untuk mengurangi emisi karbon dunia dengan beberapa cara, termasuk yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Penandatanganan Kerjasama KIIC dan SUN Energy
Penandatanganan Kerjasama KIIC dan SUN Energy

Demi mendukung target pemerintah, aksi nyata untuk mendorong pengurangan bahan bakar fosil dan meningkatkan penggunaan energi bersih, membutuhkan gerakan bersama dari seluruh sektor. Hal ini dilakukan agar semakin menciptakan lingkungan yang berkelanjutan demi masa depan generasi bangsa. Kawasan industri sebagai pusat kegiatan produksi dengan pasokan listrik yang besar berperan penting untuk mengurangi emisi karbon atas aktivitas operasionalnya. Karawang International Industrial City (KIIC) menjadi salah satu kawasan yang aktif menggalakkan semangat untuk mewujudkan kawasan industri berkelas internasional yang ramah lingkungan. Salah satu komitmennya direalisasikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama dengan SUN Energy, pengembang proyek panel surya terbesar di Indonesia, untuk meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan berbasis tenaga surya di kawasan KIIC seluas ± 1.500 ha.

“Karawang International Industrial City sebagai kawasan industri terbesar di Karawang mendukung upaya pemerintah dalam mendorong pemanfaatan energi bersih guna menciptakan kawasan industri yang ramah lingkungan. Kami mengajak tenant yang ada di KIIC agar menggunakan energi baru dan terbarukan sehingga mereka dapat terlibat secara langsung dalam mengurangi dampak perubahan iklim. KIIC berkomitmen untuk menciptakan kawasan industri hijau dengan menyeimbangkan perkembangan bisnis dan menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu fasilitas KIIC sendiri telah menggunakan pembangkit listrik tenaga surya sebagai sumber energi alternatif,” ungkap Bapak Sanny Iskandar, selaku Direktur KIIC dan Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI).

Bapak Sanny Iskandar mengatakan bahwa KIIC mendukung para tenant untuk beralih menggunakan energi bersih di lokasi pabrik. Selain merealisasikan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan, instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan bentuk efisiensi bisnis yang dapat menjadi program pemulihan ekonomi. Kedepannya, SUN Energy bersama KIIC akan mensosialisasikan manfaat dari penggunaan PLTS kepada lebih dari 170 Perusahaan yang tergabung di KIIC dan memiliki potensi instalasi PLTS lebih dari 100 MWp. “SUN Energy mengapresiasi setinggi-tingginya komitmen KIIC untuk mengimplementasikan kawasan industri hijau atau ramah lingkungan. Melalui model pembiayaan yang variatif, SUN Energy menjawab kebutuhan perusahaan yang ingin berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan menggunakan PLTS dengan mekanisme nol investasi. Hingga kini, terdapat dua tenant KIIC yang telah menjadi mitra bisnis SUN Energy dalam implementasi pemanfaatan tenaga surya,” tutup Dion Jefferson, selaku Chief Commercial Officer SUN Energy.

KIIC jajaki kerjasama dengan SUN Energy,
tunjukkan komitmen wujudkan kawasan industri ramah lingkungan

“SUN Energy mengapresiasi setinggi-tingginya komitmen KIIC untuk mengimplementasikan kawasan industri hijau atau ramah lingkungan. Melalui model pembiayaan yang variatif, SUN Energy menjawab kebutuhan perusahaan yang ingin berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan menggunakan PLTS dengan mekanisme nol investasi. Hingga kini, terdapat dua tenant KIIC yang telah menjadi mitra bisnis SUN Energy dalam implementasi pemanfaatan tenaga surya,” tutup Dion Jefferson, selaku Chief Commercial Officer SUN Energy.

Tentang SUN Energy

Sejak 2016, SUN Energy telah menjadi pengembang energi surya terbesar untuk sektor komersial dan industri di Indonesia yang telah mengantongi proyek lebih dari 200 MWp. SUN Energy telah beroperasi di lebih dari 3 negara dan fokus pada penyediaan ekosistem energi bersih berbasis tenaga surya terintegrasi. Dengan teknologi yang inovatif, mudah, dan cepat, SUN Energy memiliki visi untuk membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin mewujudkan masa depan berkelanjutan. Pada tahun 2025, SUN Energy berambisi mencapai target 2 GWp dan menjadi perusahaan energi terbarukan dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Pasifik.

Tentang KIIC

Karawang International Industrial City (KIIC) adalah Kawasan Industri seluas ± 1.500 ha yang beroperasi sejak 1993. Kawasan Industri ini dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan ITOCHU Corporation yang berkomitmen untuk membangun kawasan industri berwawasan lingkungan. KIIC merupakan kawasan industri pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015 untuk Quality Management & Pengendalian Lingkungan di tahun 2002. Di tahun 2007, KIIC juga menjadi kawasan industri pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 45001:2018 untuk Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Selain itu, sebagai indikator dalam keberlanjutan pengawalan komitmen perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, KIIC pada tahun 2020 telah mendapatkan status Biru pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Saat ini, lebih dari 170 perusahaan sudah bergabung di KIIC. Selain itu, infrastruktur yang dimiliki oleh KIIC dilengkapi dengan akses jalan tol langsung, sistem komunikasi canggih, pengolahan air bersih dan limbah serta sistem pengamanan yang baik.

Contact Person

Anggita Pradipta
Head of Marketing
E: [email protected]
P: 0811-1464520

Related Post

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terbarukan (RESCO) terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada sistem energi surya, SUN Energy terus memperjuangkan pentingnya energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk semua.


Sangkalan

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.

Document