SUN Energy raises USD25m Series A funding to become a leading renewable energy platform in Asia-Pacific

Deretan Konglomerasi Indonesia
Berikan Pendanaan Seri A Senilai USD25m, SUN Energy Ingin Harumkan Bangsa Indonesia di Kawasan Asia-Pasifik

SUN Energy, berhasil menutup putaran pendanaan seri A sebesar USD25 juta, atau lebih dari Rp360 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh sejumlah konglomerat terkemuka di Indonesia, yaitu TBS Energi Utama, perusahaan energi terintegrasi di Indonesia, melalui anak perusahaannya PT Toba Bara Energi (TBAE). Termasuk juga PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), induk perusahaan dari PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), salah satu kontraktor pertambangan terbesar berdasarkan jumlah produksi di Indonesia, dan sejumlah pengusaha ternama di Asia Tenggara.

SUN Energy akan menggunakan pendanaan ini untuk mengembangkan berbagai proyek di Indonesia, memperluas skala bisnis di wilayah regional, serta memperkuat platform Perusahaan yang berada di garis depan dalam gerakan transisi energi Indonesia.

“Melihat potensi energi surya di Indonesia yang sangat besar, kami bangga dapat bermitra dengan beberapa perusahaan konglomerasi di Indonesia yang terlibat sebagai investor pada pendanaan Seri A ini. SUN Energy berharap bisa mengambil andil besar dalam perjalanan transformasi energi masa depan dan akan mengubah lanskap energi terbarukan di kawasan ini dengan inovasi teknologi serta proyek-proyek yang inovatif,” ungkap Philip Lee, Chief Executive Officer SUN Energy.

SUN Energy raises USD25m Series A funding to become a leading renewable energy platform in Asia-Pacific
SUN Energy telah mengamankan proyek tenaga surya di Indonesia sebesar lebih dari 200 MWp

Melalui visi ingin melistriki Indonesia secara berkelanjutan dengan energi bersih, selain melayani pelanggan dari sektor industri dan komersial, kini SUN Energy melengkapi “ekosistem energi terbarukan” dengan memperluas layanan yang terdiri dari solusi energi surya berbasis teknologi untuk perumahan, mobilitas, kendaraan listrik, dan sertifikat energi baru terbarukan. Di sisi lain, SUN Energy juga berkomitmen menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai inti dari DNA Perusahaan, dengan menginisiasi program-program elektrifikasi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), sekolah, puskesmas, hingga distribusi cold storage di pedesaan.

SUN Energy juga telah melakukan ekspansi bisnis di pasar utama, seperti Thailand, Vietnam, dan Taiwan, serta baru-baru ini berhasil mengakuisisi pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Australia Barat sebesar 132 MWp. Pendanaan seri A ini semakin memperkuat posisi SUN Energy di Indonesia serta meningkatkan pertumbuhan perusahaan di regional bersama dengan mitra strategis unggulan yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong transisi energi bersih.

SUN Energy berkomitmen untuk memainkan peran penting menuju target Indonesia Nol Emisi Karbon tahun 2060 yang ditetapkan pada COP26, konferensi iklim terbesar di dunia yang diadakan di Glasgow awal bulan November ini.

SUN Energy akuisisi ladang pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Australia Barat sebesar 132 MWp

Pandu Sjahrir, Wakil Direktur Utama TBS Energi Utama mengatakan bahwa investasi ini adalah salah satu strategi Perusahaan untuk mendorong target Nol Emisi Karbon pada tahun 2030. Melalui kapabilitas yang dimiliki oleh SUN Energy, TBS Energi Utama dapat mengakselerasi target tersebut. “Kami berkomitmen untuk mengembangkan energi bersih, baru dan terbarukan demi menciptakan masa depan berkelanjutan. Industri pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu fokus serta strategi untuk mengurangi jejak karbon. Dengan rekam jejak yang dimiliki oleh SUN Energy, kami percaya kolaborasi ini akan mengakselerasi target Nol Emisi Karbon di tahun 2030,” ujar Pandu.
Pendanaan seri A ini berhasil meningkatkan valuasi SUN Energy hingga USD200 juta dan semakin mengokohkan diri menjadi “world class company” yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di tingkat internasional.

Tentang SUN Energy Group

Berdiri sejak tahun 2016, kini SUN Energy telah menjadi pengembang proyek tenaga surya terbesar untuk sektor komersial dan industri di Indonesia dan telah beroperasi di 3 negara. SUN energy melengkapi ekosistem energi bersih melalui solusi terintegrasi bagi setiap pelanggan. Melalui teknologi yang inovatif, SUN Energy ingin mempromosikan masa depan berkelanjutan dengan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat. Pada tahun 2025, SUN Energy bertujuan untuk mencapai 2 GWp dan menjadi perusahaan energi terbarukan dengan pertumbuhan tercepat di kawasan ini. SUN Energy juga akan terus berinvestasi pada proyek energi terbarukan di Indonesia dan pasar utama di kawasan Asia-Pasifik. SUN Energy berkantor pusat di Singapura dengan karyawan lebih dari 60 orang di seluruh kawasan.

Informasi lebih detil dapat diakses melalui website SUN Energy: www.sunenergy.id.

Contact Persons

Dion Jefferson
Chief Commercial Officer 
[email protected]

Anggita Pradipta
Head of Marketing
[email protected]

Tentang TBS Energi Utama

TBS adalah perusahaan energi terintegrasi yang saat ini melakukan kegiatan usaha di bidang ketenagalistrikan, pertambangan, dan perkebunan melalui anak perusahaan. Dalam pengembangan business saat ini, TBS memiliki komitmen untuk mengurangi jejak karbon serta berkontribusi pada perbaikan lingkungan dan generasi selanjutnya, dengan menetapkan target untuk mencapai emisi nol bersih di tahun 2030.

Dalam bidang ketenagalistrikan, TBS memiliki anak perusahaan yang mengembangkan proyek PLTU Sulut-3 2×50 MW di Sulawesi Utara dan proyek PLTU Sulbagut-1 2x50MW di Gorontalo, serta 1 anak perusahaan yang mengembangkan proyek pembangkit listrik tenaga mini hydro 2×3 MW di Lampung. Dalam bidang pertambangan, TBS memiliki tiga anak perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pertambangan di Kalimantan Timur, yang lokasinya berdekatan satu sama lain dengan total luas lahan sebesar 7.087 hektar.

Sebagai bagian dari komitmen sustainability, TBS berkomitmen untuk menggunakan pendapatannya untuk investasi di bisnis ramah lingkungan dan secara bertahap mengurangi eksposure dalam bisnis batubara.

Detail informasi mengenai TBS dapat dilihat pada website TBS: www.tbsenergi.com.

Contact Persons

Alvin Sunanda
Director
[email protected]

Iwan Sanyoto
Head of Investor Relation
[email protected]

Pingkan Ratna Melati
Head of Legal & Corporate Secretary
[email protected]

The article can also be read on the following websites:

Related Post

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terbarukan (RESCO) terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada sistem energi surya, SUN Energy terus memperjuangkan pentingnya energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk semua.


Sangkalan

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.

Document