Bank Mandiri dan Grup SUN Energy Tandatangani Nota KesepahamanGreen Financing dan Perluas Pemanfaatan Sistem PLTS Atap

Bank Mandiri dan Grup SUN Energy sepakat menandatangani nota kesepahaman solusi green financing (pembiayaan hijau) yang kompetitif melalui struktur yang inovatif, serta kolaborasi untuk memperluas pemanfaatan sistem PLTS Atap. Komitmen bersama ini menunjukkan keseriusan Bank Mandiri dan Grup SUN Energy untuk mendukung target dekarbonisasi pemerintah di tahun 2060.

Program ini merupakan salah satu bentuk bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap pencapaian bauran energi nasional sebesar 23% pada tahun 2025. Pencapaian bauran energi nasional tersebut sebagaimana diketahui diperlukan sinergi dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan. Tenaga surya sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan dinilai menjadi salah satu opsi percepatan target bauran tersebut.

Bank Mandiri dan Grup SUN Energy Tandatangani Nota KesepahamanGreen Financing dan Perluas Pemanfaatan Sistem PLTS Atap

Bank Mandiri berkomitmen kuat dalam menjalankan praktek keuangan berkelanjutan dengan menyusun Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RKAB) yang diimplementasikan melalui 3 (tiga) pilar strategis yaitu sustainable banking, sustainable operations dan sustainable corporate social responsibility and financial inclusion. Salah satu inisiatif dalam pilar sustainable banking adalah pembiayaan kepada sektor-sektor berkelanjutan seperti Energi Baru Terbarukan.

Bank Mandiri juga berharap dapat terus mendukung program pemerintah untuk menggali dan memanfaatkan potensi Energi Baru dan Terbarukan yang cukup besar di Indonesia serta mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

“Dengan memegang teguh pada visi SUN Energy, yaitu mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia untuk menggunakan energi bersih melalui instalasi tenaga surya, kami terus berupaya memberikan solusi terintegrasi yang berfokus pada kebutuhan konsumen.

Sebagai pionir yang menyediakan model pembiayaan tanpa investasi kepada para pengusaha untuk dapat memiliki PLTS Atap sejak tahun 2018, kami telah berhasil memberikan cost optimization dari biaya pemakaian energi listrik kepada puluhan konsumen hingga 30% setiap bulannya. Untuk mendukung target pemerintah dalam percepatan transisi energi Indonesia, Grup SUN Energy juga telah memperluas lini bisnis baru, yaitu SUNterra yang melakukan penetrasi pada segmen ritel atau perumahan, SUN Solutions yang fokus pada inovasi dan pengembangan produk tenaga surya dengan menggunakan cutting-edge technology, dan SUN Mobility yang mengambil peranan pada ekosistem industri kendaraan listrik. Demi mewujudkan target nol emisi karbon dan percepatan transisi energy, SUN Energy membutuhkan sinergitas dari mitra bisnis seperti Bank Mandiri yang memiliki kesamaan visi sehingga energi bersih dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Evy Susanty selaku Chief Financial Officer Grup SUN Energy.

Hubungan strategis ini juga memastikan Grup SUN Energy untuk terus dapat berinovasi melengkapi ekosistem energi terbarukan bagi pemenuhan permintaan pemasangan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap yang terus meningkat. Mengawali tahun 2022, pada bulan Januari SUN Energy dan SUNterra telah menerima peningkatan permintaan pemasangan sistem PLTS Atap sebesar lebih dari 30% dibandingkan pada Januari tahun 2021, baik dari sektor komersial, industri, hingga konsumen ritel.

“Yang membuat kami sangat senang adalah bentuk kolaborasi dengan Bank Mandiri juga diperluas melalui inisiatif program-program perluasan pemanfaatan PLTS Atap bagi Bank Mandiri, nasabah, dan masyarakat umum secara lebih luas,” jelas Dion Jefferson, Chief Commercial SUN Energy.

Beberapa program kolaborasi untuk memperluas penggunaan PLTS Atap diantaranya mencakup pemasangan sistem PLTS dan program khusus bagi karyawan Mandiri, kampanye pemasaran bagi nasabah-nasabah Bank Mandiri, literasi energi kepada generasi milenial, serta rencana kegiatan tanggung jawab sosial di bidang energi baru terbarukan. Dengan demikian akselerasi transisi energi untuk menciptakan Indonesia yang lebih hijau diwujudkan dalam aksi nyata.

Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya, yaitu: Mandiri Sekuritas dan Mandiri Manajemen Investasi (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).
Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail. Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, forex, Trade & guarantee, Supply Chain Management, virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API). Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000. Hingga September 2021, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.056 jaringan kantor, yang tediri dari 2.421 kantor cabang dan 1.635 kantor mikro. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.087 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.
Informasi detail tentang Bank Mandiri bisa diakses melalui www.bankmandiri.co.id

Tentang SUN Energy

Berdiri sejak tahun 2016, SUN Energy merupakan perusahaan pengembang proyek tenaga surya yang menyediakan layanan terintegrasi bagi para pelanggan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di wilayah Asia Pasifik. Berkomitmen menjadi perusahaan berkelas internasional, SUN Group secara komprehensif menjadi pemimpin dalam ekosistem energi baru terbarukan di Asia Pasifik khususnya Indonesia, melalui empat unit bisnis utama. Meliputi SUN Energy yang menawarkan solusi sistem energi surya pada bangunan berskala besar; SUNterra yang menyediakan teknologi energi surya bagi pelanggan perumahan, SUN Solutions yang mengedepankan layanan energi surya berbasis kebutuhan konsumen; serta SUN Mobility yang mendukung infrastruktur transportasi ramah lingkungan melalui pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik tenaga surya. Bertujuan untuk mencapai 2 GWp di tahun 2025, perusahaan membawa visi untuk memberikan nilai tambah kepada para pelanggan dalam aksi nyata mengurangi dampak perubahan iklim. Hingga kini, SUN Group telah mempekerjakan lebih dari 100 karyawan dan memiliki lebih dari 200 MWp proyek sistem tenaga surya di Indonesia, Thailand, Taiwan dan Australia.

Narahubung

Anggita Pradipta
Head of Marketing & Communication SUN Group
E: [email protected]
P: 0811-1464520 

Artikel di atas juga dapat dibaca pada situs sebagai berikut:

Related Post

Sebagai Perusahaan Jasa Energi Terbarukan (RESCO) terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada sistem energi surya, SUN Energy terus memperjuangkan pentingnya energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk semua.


Sangkalan

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.

Document