Apa yang Dimaksud Kendaraan Tenaga Surya?

Energi alternatif terus berinovasi dan digunakan di berbagai bidang. Salah satunya adalah inovasi tenaga surya di bidang otomotif. Pengembang mobil listrik menciptakan kendaraan tenaga surya yang memanfaatkan cahaya matahari sebagai bahan bakar utamanya. Kendaraan ini dirancang agar ramah terhadap lingkungan dan sebagai antisipasi dari semakin menipisnya persediaan minyak di dunia. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dimaksud kendaraan tenaga surya maka bisa menyimak penjelasan berikut.

 

Kendaraan Tenaga Surya Sebagai Solusi untuk Berbagai Permasalahan

Kendaraan tenaga surya merupakan kombinasi antara industri otomotif dengan teknologi energi terbarukan.  Keduanya menghasilkan konsep yang ramah lingkungan dengan tetap mementingkan fungsi penggunaannya. Permasalahan lingkungan memang menjadi tantangan berat bagi industri otomotif. Contohnya, permasalahan polusi yang mengancam kualitas udara di dunia. Oleh karena itu, peran teknologi muncul memberi solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. 

Masalah lain yang terjadi saat ini adalah meningkatnya konsumsi minyak untuk bahan bakar kendaraan. Minyak adalah energi yang tidak bisa diperbaharui. Penggunaannya yang berlebih bisa mengancam ketersediaan energi ini yang setiap tahun semakin menipis. Oleh karena itu, kita perlu menghemat energi dengan beralih menggunakan energi alternatif. Salah satunya adalah menggunakan mobil tenaga surya. 

Mobil tenaga surya mirip dengan jenis mobil listrik. Keduanya mengandalkan tenaga listrik untuk mengoperasikan kendaraan. Hanya saja, mobil tenaga surya lebih spesifik memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energinya. Panel surya yang terpasang mampu mengonversi sinar matahari menjadi tenaga listrik yang dibutuhkan. Energi tersebut disimpan sebagai cadangan untuk kebutuhan operasional selanjutnya. Ini berguna sebagai antisipasi saat intensitas cahaya matahari menurun akibat cuaca yang tidak mendukung. 

Apa yang Dimaksud Kendaraan Tenaga Surya?

Pentingnya Menggunakan Kendaraan Tenaga Surya

Setelah mengetahui apa yang dimaksud kendaraan tenaga surya, sekarang kita membahas tentang alasan harus menggunakan teknologi ini. Kendaraan surya menjadi penting sebagai bentuk perlindungan terhadap lingkungan. Seperti disebutkan sebelumnya, asap kendaraan merupakan biang keladi dari pencemaran lingkungan di dunia. Emisi yang dikeluarkan “meracuni” kualitas udara yang berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Bukan hanya  itu, potensi rusaknya lapisan ozon juga terjadi karena asap kendaraan. 

Berbagai solusi ditawarkan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini. Misalnya, kebijakan ganjil genap di beberapa kota besar di Indonesia. Tahukah Anda bahwa kendaraan listrik akan mendapatkan pengecualian atas ganjil genap? Mobil listrik tetap bisa melintas setiap hari, baik di hari ganjil maupun di hari genap. Hal ini membuktikan bahwa selain mengatasi kemacetan, kebijakan ini dibuat untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang sedang terjadi. Atau dengan kata lain, sumber energi alternatif bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan terhadap lingkungan. 

 

5 Manfaat Menggunakan Tenaga Surya

Kendaraan tenaga surya menawarkan banyak manfaat kepada penggunanya, seperti:

  • Ramah Lingkungan

Manfaat pertama tenaga surya adalah ramah terhadap lingkungan. Cahaya matahari tidak menimbulkan limbah fisik yang berpotensi merusak lingkungan. Bandingkan dengan energi konvensional lain seperti batu bara, minyak bumi, dan lain-lain. Sumber energi tersebut memang bisa menciptakan energi yang kuat, namun limbah yang dihasilkan pun berbahaya. Sering kali limbah tersebut mencemari lingkungan dan merusak alam. Nah, bahaya ini tidak akan terjadi pada penggunaan energi dari tenaga surya. 

  • Menghemat Sumber Energi

Tenaga surya bisa menghemat energi lain yang tidak terbarukan. Seperti yang diucapkan mentri ESDM “Gas bumi akan habis 19,5 tahun,” dan “Umur cadangan minyak bumi diperkirakan akan habis sekitar 9,5 tahun,” ujar Arifin, Mentri ESDM (19/1/2021). Mengandalkan cadangannya saja tentu tidak efektif. Sebab pada akhirnya, semua akan tetap habis dan kita harus mencari solusinya. Sebaliknya, kelangkaan energi tidak berlaku untuk energi tenaga surya. Pasalnya, cahaya matahari akan terus bersinar dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi abadi. 

  • Mendapatkan Privilege  

Terkadang, membaur dengan teknologi bisa memberi kita privilege yang menguntungkan. Contoh sederhananya bisa dilihat pada contoh sebelumnya. Pemilik mobil listrik bisa mengendarai mobil mereka tanpa memikirkan hari genap atau hari ganjil. Hal ini tentu memberi keuntungan tersendiri sebab mobilitas harian bisa menjadi lebih mudah. 

  • Hemat Biaya

Harga peralatan tenaga surya memang tidak murah dan cenderung mahal. Namun secara hitung-hitungan, teknologi tenaga surya bisa menghemat budget pengeluaran dalam jangka panjang. Tenaga surya akan menekan biaya perawatan dan pengeluaran sehingga finansial Anda pun menjadi lebih baik. Minimal, Anda tak akan pusing memikirkan biaya listrik, biaya bahan bakar, dan lain-lain.

  • Tidak Terbatas

Keuntungan terakhir menggunakan tenaga surya adalah sumber energinya yang tidak terbatas. Di negara tropis, matahari bersinar sepanjang musim. Sumber energi ini tentunya melimpah dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Yang terpenting, energi ini bisa dimanfaatkan oleh siapa pun tanpa mengenal latar belakang tertentu.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui apa yang dimaksud kendaraan tenaga surya. Sederhananya, kendaraan ini adalah bentuk inovasi yang memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber energinya dan bisa menjadi solusi atas permasalahan lingkungan akibat polusi dan emisi kendaraan. Sebab, tenaga surya tidak memproduksi limbah yang mencemari kualitas udara. 

Energi alternatif memang memberi banyak keuntungan dan manfaat. Energi surya menawarkan sumber energi yang tidak terbatas, ramah lingkungan, hemat, dan memberikan privilege tertentu. Oleh karena itu, sudah saatnya untuk mempertimbangkan agar beralih menggunakan energi alternatif ini.

Bila Anda tertarik dengan energi alternatif yang disalurkan melalui panel surya, maka Anda bisa menghubungi SUN Energy. SUN Energy menawarkan produk tenaga surya terintegrasi untuk kebutuhan rumahan, kantor, atau industri pabrik. 

Dengan menggunakan produk SUN Energy, maka Anda bisa menghemat biaya tagihan listrik hingga 30%. Selain itu, Anda pun bisa mendapat tawaran DP 0% yang bisa menghemat biaya pengeluaran Anda untuk pemasangan panel surya.. 

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut : https://sunenergy.id/id/dp-0/ 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.

Document