Kelebihan Panel Surya Sebagai Alternatif Sumber Listrik

 

Ada banyak kelebihan penggunaan panel surya sebagai alternatif sumber listrik.  Kelebihan inilah yang perlu diedukasi ke masyarakat luas. Belum banyak lapisan masyarakat yang mengetahui fungsi dan kelebihan dari panel tenaga surya secara mendetail. Panel surya sendiri merupakan pemanfaatan energi alternatif yang saat ini menjadi tren utama pada bangunan perumahan, perkantoran, maupun industri. 

Energi surya ini juga menjadi salah satu energi masa depan, yang mampu memaksimalkan potensi cahaya matahari yang berlimpah di Indonesia sebagai sumber energi listrik di rumah. Panel surya sangat penting dimiliki untuk di rumah maupun di gedung, a karena terbukti mampu menunjang bisnis Anda dengan pengehematan biaya dan tagihan listrik Anda hingga 30%. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan sekali untuk Anda dalam jangka panjang. Tertarik ingin tahu lebih banyak mengenai panel surya? Berikut adalah beberapa informasi tentang panel surya yang menarik untuk Anda ketahui:

 

Data Ketersediaan Listrik 

Pernahkah Anda berpikir berapa ketersediaan listrik yang bersumber dari energi fosil? Apakah listrik tersebut mencukupi kebutuhan anak cucu Anda di masa mendatang? Di Indonesia sendiri, ketersediaan listrik di tahun 2022 adalah sebesar 6,7 Giga Watt. Meski dianggap melimpah, konsumsi listrik yang besar setiap harinya ditambah populasi yang semakin meningkat membuat ketersediaan listrik menipis bahkan dapat habis sama sekali. Oleh sebab itulah, penting bagi masyarakat mulai beralih ke energi surya baik yang on grid maupun off grid.

Baca Disini : Perbedaan Sistem Panel Surya On Grid dan Off Grid

 

Kekurangan Listrik Dari Energi Fosil

Meski melimpah, listrik yang dihasilkan oleh energi fosil memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang penting untuk Anda waspadai:

  • Terbatas

Listrik yangberasal dari bahan bakar fosil bisa habis jika digunakan terus-menerus. Untuk mencegah kelangkaan, ketergantungan terhadap energi fosilini harus mulai dikurangi. Salah satu caranya dengan beralih ke energi terbarukan seperti panel surya ini.

 

  • Mencemari Lingkungan dan Udara

Kekurangan dari listrik yang bersumber dari energi fosil adalah mencemari lingkungan dan udara. Saat terjadi proses pembakaran, udara akan menjadi tercemar yang membuat kualitas udara buruk dan tidak berkualitas. Sangat berbeda dengan energi panel surya yang tidak ada proses pembakaran didalamnya. Energi panel surya ini bisa menciptakan energi yang lebih bersih yang tidak menyebabkan pencemaran udara.

 

  • Menyebabkan Pemanasan Global

Pemanasan global sangat berbahaya bagi keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Salah satu bentuk atau dampak pemanasan global yang saat ini dirasakan adalah temperatur udarayang terasa semakin panas. Selain itu, pemanasan global juga bisa menyebabkan es di kutub  terus mencair. 

Akibatnya, volume air laut terus meningkat dan akan menyebabkan berbagai macam dampak buruk lainnya. Dampak terburuk dari pemanasan global adalah makhluk hidup bisa kehilangan tempat tinggal. Untuk menghindari dampak yang semakin buruk, maka sangat disarankan untuk mulai beralih ke energi terbarukan seperti panel surya ini.

Manfaat Panel Surya

Untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan energi fosilpenting bagi masyarakat untuk mulai beralih ke energi terbarukan seperti panel surya ini. Energi yang dihasilkan oleh panel surya memberikan banyak manfaat yang tidak akan Anda dapatkan dari penggunaan listrik energi fosil seperti berikut ini:

  • Hemat Listrik

Manfaat utama dari panel surya adalah lebih hemat listrik. Dengan menggunakan jasa pemasangan panel surya terbaik Anda bisa menghemat listrik hingga 30%. Bahkan dalam setahun Anda bisa menghemat biaya hingga jutaan rupiah.

 

  • Ramah Lingkungan

Manfaat panel surya selanjutnya adalah lebih ramah lingkungan. Panel surya ini tidak akan menciptakan emisi gas rumah kaca karena tidak ada proses pembakaran di dalamnya. Sangat berbeda dengan listrik dari energi fosilyang menggunakan proses pembakaran yang bisa menyebabkan emisi gas rumah kaca.

 

  • Memanfaatkan Energi Terbarukan

Pemasangan panel surya ini memiliki kontribusi dalam pemanfaatan dan pengelolaan energi terbarukan yang tidak pernah habis. Sangat berbeda dengan bahan bakar fosil yang langka dan cepat habis. 

Diperkirakan sumber daya energi fosil akan habis pada tahun 2030, sehingga beralih ke energi terbarukan dan modern bisa menjadi langkah terbaik dan strategis demi ketahanan energi di Indonesia. Terlebih lagi panel surya ini bisa berfungsi dengan baik di negara tropis seperti Indonesia karena paparan sinar matahari mudah didapatkan sepanjang tahun.

 

Kelebihan Panel Surya

Ada banyak kelebihan panel surya dibandingkan sumber listrik energi fosil yang bisa Anda dapatkan seperti berikut:

  • Hemat di Kantong

Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk instalasi panel surya ini. Meski demikian, tetap cek kualitas dan kredibilitas jasa perusahaan pemasang panel surya terlebih dahulu.

  • Mudah Didapatkan

Indonesia merupakan negara tropis. Kelebihan panel surya dibandingkan sumber listrik energi fosil adalah kemudahan dalam mendapatkan sumber energi untuk panel surya tersebut. Semakin besar cahaya matahari yang diserap oleh sel surya, maka semakin besar pula energi listrik yang dihasilkan.

  • Mudah Perawatannya dan Aman Digunakan 

Perawatan teknologi panel surya terbukti lebih mudah. Anda hanya perlu membersihkan panel surya secara berkala saja dengan cairan pembersih panel surya atau air untuk memastikann tidak ada debu yang menempel agar panel surya bisa bekerja maksimal.

 

Penutup 

Menimbang semua kelebihan penggunaan panel surya, maka mulailah beralih ke energi surya sekarang juga! Anda dapat memercayakan instalasi panel surya pada SUN Energy sebagai perusahaan penyedia jasa solar panel terbaik dan tepercaya di Indonesia. Produk dan layanan solar panel yang ditawarkan SUN Energy sangat beragam serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dengan model pembiayaan yang beragam. SUN Energy juga memiliki penawaran DP 0%, cek n informasinya lebih lanjut melalui link ini!

 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2022 SUN Energy. All rights reserved.

Document