Cara menghemat listrik – Tagihan listrik merupakan salah satu pengeluaran pokok bulanan yang memiliki nilai relatif, ada yang kecil hingga besar. Ditambah lagi saat ini tarif dasar listrik kerap mengalami kenaikan, jadi mau tidak mau tagihan listrik pun akan semakin membengkak. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips mengenai cara penghematan listrik yang baik dan benar.

Untuk Anda yang mengalami stress karena tagihan listrik yang tinggi, berikut beberapa tips penghematan listrik yang bisa Anda ikuti:

Tips dan Cara Menghemat Listrik di Rumah

1. Gunakan Lampu Secara Efisien

Cara menghemat listrik yang pertama yaitu melakukan efisiensi pada penggunaan lampu di rumah Anda. Pastikan Anda mematikan semua lampu saat akan tidur atau saat akan meninggalkan rumah. Cukup nyalakan lampu di tempat tertentu saja, misalnya halaman rumah.

Lampu memang terlihat sepele, namun jika dibiarkan terus menyala juga akan memakan banyak daya listrik Anda. Apalagi jika Anda masih menggunakan lampu bohlam atau lampu model lama.

 

2. Beralih ke Lampu Hemat Energi

Jika masih menggunakan lampu model lama, maka sebaiknya Anda segera beralih ke lampu LED yang lebih hemat energi. Selain itu hindari penggunaan lampu bekas yang di service kembali. Selain dapat membuat listrik Anda makin boros, lampu yang sudah diperbaiki ini bisa memicu korsleting.

 

3. Pilih Peralatan Listrik yang Memiliki Daya Kecil dan Hemat Energi

Perkembangan teknologi membuat banyak produk peralatan listrik rumah tangga didesain dengan daya kecil, sehingga tidak memberatkan tagihan listrik Anda. Selain itu saat ini sudah banyak juga peralatan listrik rumah tangga yang dilengkapi dengan teknologi penghemat energi, sehingga dapat meminimalkan konsumsi daya listrik. Cara menghemat listrik ini diperkirakan cukup memberikan dampak pada tagihan listrik Anda.

 

4. Manfaatkan Listrik Prabayar

Sebenarnya menggunakan listrik prabayar bisa menguntungkan jika Anda cermat. Dengan penggunaan listrik prabayar Anda dapat mengontrol penggunaan listrik sesuai kebutuhan dan target Anda.

Misalnya saja Anda menargetkan listrik di rumah Anda dalam satu bulan harus habis 200 ribu rupiah dan tidak boleh lebih. Dari sini setiap harinya Anda bisa mengevaluasi penggunaan listrik Anda, apakah melebihi atau sudah sesuai. Namun sekali lagi, hal ini membutuhkan kecermatan Anda dan ketelatenan Anda dalam mengontrol penggunaan listrik.

 

5. Kurangi Penggunaan AC dan Maksimalkan Ventilasi

Untuk menghemat listrik cobalah mengurangi penggunaan AC di rumah Anda. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan kipas angin yang berdaya lebih kecil. Selain itu Anda juga bisa memaksimalkan fungsi ventilasi agar sirkulasi udara di rumah Anda lebih sehat dan segar.

Inilah pentingnya membangun rumah dengan sistem ventilasi yang baik. Selain membuat Anda lebih sehat juga bisa membuat Anda lebih hemat penggunaan listrik.

 

6. Jangan Biarkan Steker Kabel Tetap Terpasang

Anda pasti sering membiarkan steker kabel tetap terpasang di stop kontak walaupun sudah tidak digunakan lagi. Mulai sekarang jika Anda ingin menghemat tagihan listrik maka selalu cabut steker setelah selesai digunakan. Steker yang tetap terpasang di stop kontak meski tidak dipakai juga tetap mengkonsumsi listrik meskipun kecil. Selain itu hal ini juga beresiko mengakibatkan adanya korsleting. Berbahaya bukan?

 

7. Mencuci dengan Air Dingin

Jika mesin cuci Anda dilengkapi dengan fitur pencucian menggunakan air panas atau hangat, maka sebaiknya gunakan air dingin atau air yang biasa saja. Penggunaan mesin cuci dengan air hangat akan memakan daya yang cukup besar, sehingga dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak.

 

8. Pilih Televisi dengan Teknologi Layar LED

Cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan mengganti televisi tabung lama Anda dengan televisi dengan teknologi layar LED. Televisi LED ini justru menggunakan daya listrik yang lebih kecil jika dibandingkan dengan TV lama Anda.

Selain itu TV LED juga lebih modern, kualitas gambar lebih bagus dan tentunya lebih stylish.

 

9. Memasak Nasi dengan Air Mendidih

Cara ini bisa dilakukan untuk menyiasati penggunaan rice cooker agar tidak memakan daya terlalu banyak saat memasak. Saat Anda memasak dengan air mendidih maka proses memasak dengan rice cooker ini akan menjadi lebih cepat, sehingga penggunaan daya juga relatif lebih sedikit.

 

10. Beralih ke Sumber Energi Alternatif Lain

Salah satu sumber energi alternatif yang potensial di Indonesia adalah panel surya. Panel surya ini dapat menghasilkan listrik dari energi cahaya matahari, dimana di Indonesia hal ini dapat diperoleh sepanjang tahun dengan gratis. Menyisihkan anggaran sedikit lebih banyak tidak akan menjadi masalah untuk penggunaan jangka panjang.

PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) merupakan pengembang proyek tenaga surya terkemuka di Indonesia yang sudah dipercaya oleh konsumen dalam penyediaan panel surya. Anda bisa memanfaatkan produk panel surya dari SUN Energy, baik untuk kepentingan di rumah maupun kantor Anda.  Perlu Anda ketahui bahwa cara menghemat listrik yang satu ini bahkan bisa memangkas tagihan listrik Anda hingga 30%. Klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.

 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2021 SUN Energy. All rights reserved.