7 Cara Menghemat Listrik Untuk Sektor Industri dan Komersial

7 Cara Menghemat Listrik Untuk Sektor Industri dan Komersial

 

Cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial merupakan kiat yang banyak dicari. Hal itu karena biaya listrik yang membengkak bisa menyebabkan biaya operasional yang dikeluarkan semakin besar.  Terlebih lagi di lingkungan industri dan komersial, penghematan energi listrik sangat penting karena kebutuhan listrik industri dan komersial jauh lebih besar  dibandingkan dengan rumah tangga.  Selain itu, biaya operasional yang membengkak bisa menyebabkan laba bersih industri menjadi berkurang.

 

Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik Di Sektor Industri dan Komersial?

Tahukah Anda mengapa harus menghemat listrik di sektor industri dan komersial? Alasan terbesar bagi penghematan yang harus dilakukan di sektor industri dan komersial adalah untuk menghemat biaya. Demi pengelolaanbiaya operasional yang baik di sektor industri dan komersial, konsumsi penggunaan daya energi listrik harus diatur secara efisien. Penghematan biaya listrik berartikan akan ada tabungan yang bisa digunakan perusahaan untuk hal lainnya yang lebih bermakna, seperti biaya promosi, rekrutmen dan sebagainya. 

Selain itu, biaya adalah konsumsi listrik berdampak pada peningkatan pemanasan global, apabila listrik tersebut masih bersumberkan energi fosil.  Semakin boros penggunaan listrik bisa menyebabkan dampak pemanasan global yang semakin parah. Untuk mendukung prinsip keberlanjutan, tentunya ketergantungan terhadap energi listrik yang bersumber dari energi fosil harus dikurangi sedikit demi sedikit.

7 Cara Menghemat Listrik Untuk Sektor Industri dan Komersial

7 Cara Menghemat Listrik Di Sektor Industri dan Komersial

Lalu bagaimana cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan!

  • Cek Unit yang Boros Listrik

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah cek unit yang boros listrik. Biasanya unit operasional tertentu di sektor industri akan boros listrik saat digunakan terus menerus. Padahal belum tentu komponen tersebut digunakan sepanjang waktu. 

Unit operasional tersebut bisa menyebabkan boros listrik sehingga harus dicek secara berkala. Pastikan pula unit tersebut dimatikan atau dinonaktifkan ketika tidak digunakan.

  • Gunakan Sumber Listrik Hemat Energi

Cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial bisa dengan menggunakan sumber listrik alternatif. Mengandalkan dari energi listrik yang bersumber dari energi fosilsaja dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak dikarenakan makin langkanya energi fosil yang tersedia. Anda bisa beralih ke energi terbarukan sebagai alternatif yang jauh lebih ramah lingkungan dan murah. 

Ada banyak sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan tetapi ada baiknya jika menggunakan energi terbarukan n berpotensial tinggi seperti tenaga surya yang melimpah di Indonesia.

  • Periksa Sistem Pencahayaan

Cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial selanjutnya adalah dengan mengatur ulang sistem pencahayaan. Perusahaan bisa memanfaatkan sistem pencahayaan alami untuk mendukung upaya hemat energi. 

Dengan sistem pencahayaan alami yang dimanfaatkan sejak pagi hingga sore membuat pencahayaan semakin maksimal. Perusahaan juga bisa menyiapkan lampu LCD. Jenis lampu yang satu ini membutuhkan daya listrik yang jauh lebih kecil. Selain itu, pencahayaan lebih maksimal dibandingkan dengan teknologi lampu yang terdahulu.

  • Latih Kedisiplinan Pekerja

Apa hubungan kedisiplinan kerja dengan hemat listrik? Perusahaan harus bisa menerapkan kedisiplinan bagi para pekerja,karena kebiasaan para pekerja dalam menjalankan proses operasional berpengaruh besar terhadap konsumsi listrik secara keseluruhan. 

Pastikan jika semua pekerja sudah memahami dan mengimplementasikan etos kerja hemat energi secara konsisten.

  • Cek dan Hentikan Mesin Usang

Masih banyak industri atau pabrik yang pada akhirnya tidak menghemat biaya listrik dengan mempertahankan mesin yang sudah usang. Industri dan komersial beranggapan lebih baik mempertahankan mesin yang sudah usang dibandingkan membeli mesin baru yang harganya mahal. Padahal langkah tersebut bukanlah hal yang sepenuhnya tepat. 

Mengapa demikian? Alasannya karena mesin yang usang biasanya tidak dilengkapi dengan fitur hemat energi. 

Untuk memaksimalkan upaya penghematan listrik ada baiknya perusahaan mengganti mesin operasional yang baru. Dengan menggunakan mesin yang berkualitas, maka terdapat penghematan energi listrik yang diterima mesin tersebut. Dibanding jika mesin sudah usang, maka penggunaan listrik menjadi lebih boros. Silahkan cari referensi tentang mesin hemat energi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

  • Kontrol Penggunaan Energi

Cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial selanjutnya adalah dengan mengontrol penggunaan energi. Kontrol yang kurang tepat bisa menyebabkan tagihan listrik bisa membengkak. Oleh sebab itu, perusahaan lebih baik dapat mengontrol berapa banyak konsumsi listrik yang telah dihabiskan. 

Dengan melakukan kontrol yang tepat, perusahaan dapatmenentukan penghematan energi listrik yang diinginkan.

  • Manajemen yang Baik

Sebagus apapun cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial yang dilakukan, tetap tidak akan berhasil secara optimal jika manajemen perusahaan tidak dilakukan dengan baik. Manajemen yang baik mampu melakukan efisiensi energi yang lebih maksimal. Pengelolaan yang baik akan memungkinkan perusahaan dapat mengatur penerapan kebijakan energi yang diterapkan secara efisien, mengatur keterbatasan kapasitas, dan desain sistem  manajemen serta kontrol yang bagus.

 

Penggunaan Panel Surya: Solusi Menghemat Listrik di Sektor Industri Dan Komersial

Ingin lebih hemat energi di sektor industri dan komersial? Anda bisa menjadikan panel surya sebagai solusi terbaik.  Panel surya terbukti bisa lebih menghemat tagihan listrik karena sumber dari energi listrik tidak hanya berasal dari listrik konvensional yang bersumber dari energi fosil saja. 

Pada saat siang hari, pengguna panel surya akan memanfaatkan energi listrik dari panel surya. Pada jenis sistem tenaga surya Off Grid yang menggunakan baterai, energi surya yang diubah menjadi listrik bisa tersimpan di dalam baterai sehingga bisa digunakan kapan pun baik siang atau malam. Hal inilah yang membuat tagihan listrik bisa hemat saat menggunakan panel surya ini.

 

bumimulia
DCIM100MEDIADJI_0026.JPG

 

Manfaat Menggunakan Panel Surya Untuk Sektor Industri dan Komersial

Tahukah Anda dengan menggunakan panel surya, maka Anda bisa menghemat tagihan listrik Anda hingga 30% setiap bulannya? 

Bayangkan saja, jika Anda harus mengeluarkan biaya listrik Rp. 100 juta setiap bulannya, maka dengan menggunakan panel surya, Anda bisa menghemat hingga Rp. 30 juta setiap bulannya. Menarik bukan? 

Oleh karena itu, segeralah beralih menggunakan panel surya sebagai bentuk investasi panel surya Anda. 

 

SUN Energy : Solusi Terbaik Panel Surya Untuk Sektor Industri dan Komersial

SUN Energy adalah perusahaan terbesar dan terbaik no. 1 di Indonesia yang mengembangkan proyek  panel surya. 

SUN Energy menyediakan jasa instalasi panel surya sesuai dengan kebutuhan pabrik, kantor, industri maupun bangunan berskala besar lainnya. SUN Energy siap memasang panel surya untuk kebutuhan Anda yang membutuhkan pemasangan panel surya berkapasitas besar (>200 kilowatt peak). 

Berikut adalah beberapa model investasi panel surya dari SUN Energy.

 

Biaya Investasi Panel Surya dari SUN Energy

SUN Energy menawarkan 3 model pembiayaan yang inovatif dan menarik, di antaranya:

  • Model Pembayaran Penuh

Dengan model pembayaran penuh, Anda bisa memiliki panel surya dengan membayar secara penuh. Manfaat yang didapat adalah menghemat biaya listrik hingga 30% setiap bulannya. Adapun manfaat tersebut langsung Anda rasakan sejak hari pertama penggunaan panel surya. 

  • Model Sewa Panel Surya (3-6 tahun) 

Model pembayaran ini cocok bagi yang ingin mencoba panel surya dengan sistem pembayaran cicil dengan uang muka atau down payment. Nantinya, setelah cicilan lunas sistem panel surya bisa dimiliki oleh Anda. 

  • Model Sewa Berdasarkan Kinerja Produk (15-25 tahun)

Model ini yang paling diminati. Dengan DP 0% atau DP 0 rupiah, Anda bisa memiliki produk panel surya untuk sektor industri dan komersial Anda. 

Adapun pembayaran tersebut akan dilakukan berdasarkan energi bulanan yang sudah diproduksi.  Menarik bukan? 

 

Penutup

Menggunakan panel surya atau PLTS menjadi cara terbaik untuk menghemat biaya listrik untuk sektor industri dan komersial. 

Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy, selaku pengembang proyek panel surya No. 1 di Indonesia. 

SUN Energy menyediakan model pembiayaan yang inovatif bahkan terjangkau. Menariknya lagi SUN Energy menyediakan pembayaran dengan DP 0% yang sangat kompetitif. 

Jadikan produk SUN Energy sebagai cara menghemat listrik untuk sektor industri dan komersial terbaik Anda sekarang juga. 

Klik link ini untuk mendapatkan info DP 0% lebih lanjut!

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2022 SUN Energy. All rights reserved.

Document