Bagaimana Cara Kerja PLTS Untuk Menghasilkan Listrik Ramah Lingkungan

Bagaimana Cara Kerja PLTS Untuk Menghasilkan Listrik Ramah Lingkungan

Apakah Anda sudah tahu apa itu PLTS dan bagaimana cara Kerja PLTS? Jika belum, artikel ini akan memberikan ulasan lengkap untuk Anda. 

PLTS merupakan singkatan dari pembangkit listrik tenaga surya, dan menjadi salah satu pembangkit dari energi alternatif yang saat ini banyak dilirik. Mengapa demikian? Alasannya karena energi surya mudah didapatkan di Indonesia, mengingat Indonesia ini merupakan negara dengan iklim tropis dan memiliki potensi energi surya

Tidak hanya itu, energi surya juga jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan listrik konvensional yang menggunakan bahan bakar batu bara. Hal itu karena PLTS tidak menyebabkan polusi dan aman digunakan dalam jangka panjang. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cara kerja PLTS, yuk simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

 

Cara Kerja PLTS

Cara kerja PLTS sebenarnya cukup sederhana. Komponen utama dari PLTS terdiri atas sel fotovoltaik. Fungsinya untuk menangkap panas matahari yang bisa diubah menjadi energi listrik. 

Panas yang telah ditangkap oleh fotovoltaik akan digunakan untuk memanaskan cairan yang setelahnya akanberubah menjadi uap. Uap inilah yang akan dipanaskan dan menghasilkan listrik. 

Agar bisa berfungsi dengan maksimal, ada beberapa komponen yang harus dimiliki oleh PLTS. Komponen pertama adalah sel surya yang menjadi komponen terpenting. Objek satu ini memiliki ukuran 10 sampai 15 cm dengan bentuk persegi. Komponen inilah yang mampu mengkonversikan energi surya menjadi energi listrik. 

Selain itu, dalam sistem PLTS juga ada komponen Balance of System atau BOS yaitu inverter yang berfungsi untuk mengubah daya Arus Searah (DC) menjadi arus bolak-balik standar (AC) dan juga terdapat controller untuk mengatur arus searah yang diisi ke baterai dan diambil dari baterai ke beban/tujuan penggunaan listrik kita. 

Tahukah Anda listrik yang berasal dari beberapa jenis PLTS, seperti PLTS off-grid dan hybrid akan disimpan di dalam baterai atau penyimpan? Listrik tersebut disimpan dengan tujuan agar dapat digunakan pada saat malam hari atau kondisi sedang tidak ada listrik.

 

Mengapa Energi Surya Bisa Berubah Menjadi Listrik

Tentu banyak yang bertanya-tanya, mengapa energi surya dari matahari tersebut bisa berubah menjadi energi listrik. Nah, di alam semesta ini ada dua jenis sistem energi surya. 

Pertama adalah pasif sedangkan yang kedua energi surya aktif. Untuk energi surya pasif, Anda tidak membutuhkan alat khusus untuk menerima energi tersebut. 

Misalnya, saat Anda meletakkan barang yang menyerap panas langsung di bawah terik sinar matahari, benda tersebut akan terasa sangat panas. 

Sementara untuk sistem energi surya aktif, Anda membutuhkan alat yang bisa digunakan mengumpulkan energi matahari dan menyimpannya.

Bagaimana Cara Kerja PLTS Untuk Menghasilkan Listrik Ramah Lingkungan

Alur Cara Kerja Fotovoltaik & Pemusatan Energi

Terdapat dua alur cara kerja PLTS yang menarik untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

  • Fotovoltaik

Fotovoltaik merupakan sel yang mampu mengubah energi cahaya menjadi listrik. Sel yang satu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1880 oleh Charles Fritts. Kinerja sel akan menggunakan efek fotoelektrik dalam menghasilkan arus listrik. 

Mengenai cara kerjanya sendiri sangat sederhana, yaitu menggunakan perbedaan tegangan yang dihasilkan dari efek fotoelektrik untuk produksi listrik. 

Sel fotovoltaik akan membentuk medan listrik, kemudian membentuk muatan yang berlawanan saat dipisahkan. Saat foton matahari menjatuhkan elektron keluar dari sambungan silikon. Baru setelah itu elektron mengalir ke berbagai sumber listrik yang Anda miliki.

  • Pemusatan Energi

Sistem yang satu ini menggunakan cermin atau lensa yang menggunakan sistem pelacak sehingga energi matahari hanya bisa diterima pada permukaan tertentu dan difokuskan pada satu titik saja. 

Selanjutnya, panas tersebut akan dekonsentrasi menjadi sumber panas pembangkit listrik untuk bisa menggerakkan generator maupun media penyimpan panas yang lain.

 

Gunakan PLTS Terbaik dari SUN Energy

Jika Anda ingin mendapatkan produk PLTS yang tepat untuk bangunan Anda, jangan ragu untuk menggunakan jasa SUN Energy. 

SUN Energy menyediakan teknologi panel surya yang bermutu tinggi agar penyerapan energi matahari untuk bangunan Anda bisa lebih efisien dan juga optimal. 

 

Mengapa harus SUN Energy? 

SUN Energy merupakan perusahaan pengembang proyek sistem energi surya No. 1  di Indonesia yang sudah memiliki proyek lebih dari 200 MWp di Indonesia dan beberapa negara Asia Pasifik. 

Kami memiliki teknisi yang berpengalaman dan profesional sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik untuk Anda, mulai dari konsep hingga konstruksi sehingga bisa memuaskan kebutuhan tenaga surya untuk bangunan Anda. 

Selain itu, kami juga memberikan jaminan sistem selama 25 tahun sehingga Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas layanan yang diberikan.

Kami juga memiliki program pembayaran DP 0% yang berarti Anda bisa memasang panel surya tanpa harus mengeluarkan biaya investasi awal. Semua pembiayaan akan ditanggung oleh SUN Energy, dan Anda akan mendapatkan solar panel siap pasang dengan DP 0 rupiah saja. Menarik kan?

 

Produk Yang Ditawarkan SUN Energy

Sebagai perusahaan pengembang proyek sistem energi surya nomor satu di Indonesia, SUN Energy menawarkan berbagai macam produk yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah produk panel surya yang bisa Anda pilih:

  • Panel Surya Skala Industri

SUN Energy menawarkan produk 100 KWp hingga 2,5 MWp atau lebih sesuai kebutuhan Anda untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik khusus skala industri. Keuntungannya, Anda bisa menekan biaya listrik sampai 30%, yang kemudian bisa Anda alihkan dananya ke sektor yang lebih produktif lainnya.

  • Panel Surya Skala Komersial

Panel surya satu ini sangat cocok diaplikasikan di kantor, mall, hotel, maupun fasilitas umum lainnya. Selain biaya murah, proses instalasinya juga sangat mudah. Semua teknisi kami yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman di bidangnya akan melakukan pemasangan panel surya di bangunan Anda.

  • Panel Surya Skala Perumahan

Bagi Anda yang ingin menikmati energi bersih dari rumah bisa menghubungi lini bisnis SUN Group,  yaitu SUNTerra yang merupakan spesialis panel surya skala perumahan. 

Produk best seller SUNTerra yang satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Dengan panel surya skala perumahan Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya listrik bulanan Anda. 

Yang lebih canggih lagi, Anda bisa memantau penggunaan listrik di rumah Anda melalui aplikasi khusus yang sangat praktis dan fleksibel, dan bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

 

Penutup

Demikian cara kerja PLTS yang perlu Anda ketahui. Butuh produk PLTS terbaik untuk kebutuhan industri, komersial hingga perumahan Anda? SUN Energy adalah solusinya! 

Hubungi tim kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Klik di sini untuk bicara langsung dengan tim kami: https://sunenergy.id/id/kontak/ 

As a leading Renewable Energy Service Company (RESCO) in Indonesia, focusing on solar energy system, SUN Energy continues to champion the importance of affordable, reliable, sustainable, and eco-friendly energy for all.

Disclaimer

© 2022 SUN Energy. All rights reserved.

Document