01 May 2021

10 Cara Mudah dan Benar Menghemat Listrik di Rumah Anda

10 Cara Mudah dan Benar Menghemat Listrik di Rumah Anda

Cara menghemat listrik – Tagihan listrik merupakan salah satu pengeluaran pokok bulanan yang memiliki nilai relatif, ada yang kecil hingga besar. Ditambah lagi saat ini tarif dasar listrik kerap mengalami kenaikan, jadi mau tidak mau tagihan listrik pun akan semakin membengkak. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tips mengenai cara penghematan listrik yang baik dan benar.

Untuk Anda yang mengalami stress karena tagihan listrik yang tinggi, berikut beberapa tips penghematan listrik yang bisa Anda ikuti:

Tips dan Cara Menghemat Listrik di Rumah

Gunakan Lampu Secara Efisien

Cara menghemat listrik yang pertama yaitu melakukan efisiensi pada penggunaan lampu di rumah Anda. Pastikan Anda mematikan semua lampu saat akan tidur atau saat akan meninggalkan rumah. Cukup nyalakan lampu di tempat tertentu saja, misalnya halaman rumah. 

Lampu memang terlihat sepele, namun jika dibiarkan terus menyala juga akan memakan banyak daya listrik Anda. Apalagi jika Anda masih menggunakan lampu bohlam atau lampu model lama. 

Beralih ke Lampu Hemat Energi

Jika masih menggunakan lampu model lama, maka sebaiknya Anda segera beralih ke lampu LED yang lebih hemat energi. Selain itu hindari penggunaan lampu bekas yang di service kembali. Selain dapat membuat listrik Anda makin boros, lampu yang sudah diperbaiki ini dapat memicu korsleting listrik di rumah. 

Pilih Peralatan Listrik yang Memiliki Daya Kecil dan Hemat Energi

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini produk peralatan listrik rumah tangga telah banyak dirancang dengan daya yang kecil, sehingga tidak akan memberatkan tagihan listrik Anda. Selain itu, saat ini sudah banyak juga peralatan listrik rumah tangga yang dilengkapi dengan teknologi penghemat energi yang dapat meminimalisir konsumsi daya listrik. Cara menghemat listrik ini diperkirakan cukup memberikan dampak signifikan terhadap tagihan listrik Anda. 

Manfaatkan Listrik Prabayar

Penggunaan listrik prabayar ternyata bisa menguntungkan jika Anda cermat. Dengan penggunaan listrik prabayar, Anda dapat mengontrol penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan dan target Anda. 

Misalnya saja, Anda menargetkan listrik di rumah Anda dalam satu bulan hanya untuk Rp 200,000 dan tidak boleh lebih. Dari sini, setiap harinya Anda dapat mengevaluasi penggunaan listrik, apakah melebihi atau sudah sesuai. Namun sekali lagi, hal ini membutuhkan kecermatan Anda dan ketelatenan Anda dalam mengontrol penggunaan listrik.

Kurangi Penggunaan AC dan Maksimalkan Ventilasi

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik, adalah mengurangi penggunaan AC di rumah Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan kipas angin dengan daya yang tentunya lebih kecil dan hemat. Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan fungsi ventilasi agar sirkulasi udara di rumah Anda lebih sehat dan segar. 

Inilah pentingnya membangun rumah dengan sistem ventilasi yang baik. Selain membuat Anda lebih sehat, hal ini dapat membantu Anda dalam penghematan penggunaan listrik harian.

Jangan Biarkan Steker Kabel Tetap Terpasang

Anda pasti sering membiarkan steker kabel tetap terpasang di stop kontak meskipun sudah tidak digunakan lagi. Mulai sekarang, jika Anda ingin menghemat tagihan listrik maka selalu cabut steker setelah selesai digunakan. Steker yang tetap terpasang di stop kontak meski tidak dipakai juga tetap mengkonsumsi listrik meskipun kecil. Selain itu, hal ini juga beresiko mengakibatkan adanya korsleting. Berbahaya, bukan?

Mencuci dengan Air Dingin

Jika mesin cuci Anda dilengkapi dengan fitur pencucian menggunakan air panas atau hangat, maka sebaiknya gunakan air dingin atau air dengan suhu biasa saja. Penggunaan mesin cuci dengan air hangat akan memakan daya yang cukup besar, sehingga dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak. 

Pilih Televisi dengan Teknologi Layar LED

Cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan mengganti televisi tabung lama Anda dengan televisi teknologi layar LED. Televisi LED ini justru menggunakan daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan TV lama Anda. Tidak hanya itu, TV LED juga lebih modern dengan kualitas gambar lebih bagus dan tentunya lebih stylish

Memasak Nasi dengan Air Mendidih

Cara ini bisa dilakukan untuk menyiasati penggunaan rice cooker agar tidak memakan daya terlalu banyak saat memasak. Saat Anda memasak dengan air mendidih, maka proses memasak dengan rice cooker akan menjadi lebih cepat, sehingga penggunaan daya juga relatif lebih sedikit. 

Beralih ke Sumber Energi Alternatif Lain

Salah satu sumber energi alternatif yang memiliki potensial tinggi di Indonesia adalah energi surya. Secara letak geografis, Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga Indonesia sangat kaya akan sumber energi surya dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari di seluruh wilayah Indonesia. Dengan menggunakan teknologi panel surya, panas matahari akan diserap, disimpan, dan dapat dikonversikan menjadi sumber listrik. Penggunaan energi surya tentu lebih efisien dan minim emisi karbon sehingga lebih ramah lingkungan. Menyisihkan anggaran sedikit lebih banyak tidak akan menjadi masalah untuk penggunaan dan manfaat dalam jangka panjang. 

Salah satu lini bisnis SUN Energy yang memberikan layanan bagi pelanggan ritel atau khusus untuk perumahan, adalah SUNterra. Anda dapat mengunduh aplikasi SUNterra untuk memiliki hunian pintar yang menggunakan energi bersih. Akses gawai ini sangat fleksibel bisa dimanapun dan kapanpun. Dengan memproduksi energi listrik dari sinar matahari, Anda sebagai konsumen bisa diuntungkan. Anda bisa menggunakan PLTS di siang hari sehingga bisa menutup biaya listrik yang biasanya dikeluarkan saat pagi sampai dengan sore hari.

Untuk skala perumahan, SUNterra memiliki produk 2kWp panel surya dengan size small. Efektivitasnya mencapai 3.8 jam. Anda bisa menyalakan AC 2 unit, 1 unit kulkas dan 10 unit LED dengan daya 10 Watt. Selain itu, SUNterra juga memiliki produk 3 kWp panel surya dengan ukuran medium dengan efektivitas yang sama, yaitu 3.8 jam.

Produk panel solar yang paling efisien adalah 4 kWp panel surya dengan size large. Dengan produk panel surya ukuran large ini Anda bisa menyalakan AC 4 unit, kulkas 2 unit, dan LED sebanyak 20 pcs. Dengan menggunakan produk yang kami tawarkan, Anda bisa menghemat biaya listrik jutaan rupiah per tahunnya. Anda juga tidak perlu khawatir, karena kami menawarkan garansi sampai dengan 25 tahun.

PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) merupakan pengembang proyek sistem tenaga surya terkemuka di Indonesia yang telah dipercaya oleh konsumen dalam penyediaan panel surya. Anda dapat memanfaatkan produk panel surya dari SUN Energy, baik untuk kepentingan di rumah maupun kantor Anda.  Perlu Anda ketahui, bahwa cara menghemat listrik yang satu ini bahkan dapat memangkas tagihan listrik Anda hingga 30%. Klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.